Zamroni, Afif (2022) Persepsi Siswa Terhadap Kegiatan Layanan BK di Sekolah (Studi Pada Siswa MA Al-Ikhlas Tlogowungu Pati). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (145kB) |
|
Text
3. DAFTRAR ISI.pdf Download (218kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (310kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (479kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (257kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (477kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (214kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimana Pelaksanaan Layanan BK di MA Al-Ikhlas Tlogowungu Pati. 2) Untuk Mendeskripsikan dan Menggambarkan Persepsi Siswa Terhadap kegiatan Layanan BK di MA Al-Ikhlas Tlogowungu Pati. 3) Untuk Mengetahui Faktor-faktor Yang Mempengarhi Persepsi Terhadap kegiatan Layanan BK di MA Al-Ikhlas Tlogowungu Pati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi berupa data-data tentang layanan BK di MA Al-Ikhlas. Adapun metode Sampling yang digunakan yakni purposive sampling (sampel tujuan). Informan dalam penelitian ini meliputi: Kepala Sekolah, guru BK, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan layanan BK di MA Al-Ikhlas Tlogowungu Pati yang sudah berjalan yakni layanan orientasi, layanan informasi, bimbingan perorangan atau sering disebut bimbingan individu, layanan bimbingan kelompok, dan juga kolaborasi antar guru untuk membantu berjalanya layana BK yang maksimal. 2) Persepsi siswa terhadap kegiatan layanan BK pada siswa MA Al-Ikhlas Tlogowungu Pati menimbulkan dua persepsi yang berbeda yaitu persepsi positif dan persepsi negatif. Persepsi positif dari siswa itu terjadi karena pengalaman positif yang diperoleh siswa itu sendiri dari setelah melaksanakan layanan bimbingan konseling serta pengetahuan mengenai bimbingan konseling sudah tertanam sejak masuk sekolah, juga pengaruh dari teman yang mendapatkan pengalaman di konseling yang menibulkan persepsi tersebut. Adapun persepsi negatif yang timbul di karenakan kesalah pahaman siswa mengenai layanan yang diberikan guru BK yang terjadi di Madrasah, kurang pengetahuan siswa mengenai layanan yang diberikan guru BK, ketegasan guru BK di MA Al Ikhlas dalam pelaksanaan layanan serta pengaruh dari lingkungan pertemanan. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi terhadap layanan BK di MA Al-Ikhlas Tlogowungu Pati menciptakan 2 faktor yaitu: a) Faktor internal, yang mencakup dari perhatian siswa, kesiapan mental siswa, kebutuhan siswa, kepribadian masing-masing siswa serta pengalaman pada diri siswa. b) Faktor eksternal, yang mencakup dari lingkungan siswa, fasilitas yang kurang memadai, serta keterbatasan waktu dalam pelaksanaan layanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi siswa terhadap layanan BK. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 04:05 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 04:05 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6908 |
Actions (login required)
View Item |