Ma’mun, Ma’mun (2021) Kerjasama Orangtua Dan Madrasah Dalam Aktifitas Belajar Pada Masa Pandemi Covid 19 Untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih di MTs NU Al-Munawaroh Lau Dawe Kabupaten Kudustahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (875kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (253kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (193kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (565kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (611kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (304kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (500kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (272kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (328kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas peran dan kerjasama orangtua bersama madrasah dalam mendampingi pelaksanaan pembalajaran daring peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi keadaan madrasah pada masa pandemi dengan melaksanakan metode pembelajaran baru (daring) yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Sehingga menurut peneliti ada hal yang menarik untuk dikaji dalam melihat seberapa penting kerjasama orangtua dan madrasah dalam menangani aktifitas belajar daring tersebut. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: bagaimana bentuk kerjasama orangtua dan madrasah dalam pendampingan belajar daring pada mata pelajaran fikih di MTs NU Al Munawwaroh Lau Dawe Kudus tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Pertimbangan menggunakan metode ini adalah untuk mengungkapkan realitas dan aktualitas mengenai kerjasama orangtua dan madrasah dalam mendampingi belajar daring peserta didik. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tiga metode yakni, observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah melakukan penelitian peneliti mendapatkan hasil sebagai berikut: 1) Peran guru dan orangtua dalam melaksanakan pembejaran daring masa pandemi covid 19. Guru sebagai fasilitator penyampai materi pelajaran, orangtua sebagai pendamping dan pengawas belajar daring peserta didik di rumah masiing-masing dituntut untuk bisa mengontrol pelaksanaan pembelajaran daring. Selain itu orangtua juga berperan menyediakan media pembelajaran berbasis internet. 2) Bentuk kerjasama orangtua dan madrasah adalah dengan membuat kesepakatan rencana proses pembelajaran daring, membentuk forum komunikasi orangtua dan Orangtua, melaksanakan home visit. 3) Faktor pendukung kerjasama orangtua dan madrasah adalah adanya kesiapan madrasah dalam menyesuaikan kebutuhan pendidaikan masa pandemi, mulai dari membuat kurikulum darurat dan inovasi metode pembelajaran berbasis internet, kerjasama dan kreatifitas guru fikih dalam melaksanakan pembelajaran serta adanya komunikasi aktif antar guru, peserta didik dan orangtua atau Orangtua. Sedang faktor penghambar kerjasama orangtua dan madrasah adalah minimnya kesiapan orangtua dalam menyiapkan fasilias belajar peserta didik, perbedaan latar belakang yang menimbulkan perbedaan pendapat dan rendahnya kesadaran peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran daring.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kerjasama orangtua dan madrasah, Pembelajaran Daring, Fikih |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 04:25 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 04:25 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6911 |
Actions (login required)
View Item |