Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dengan Kemandirian Belajar Siswa Materi SPLDV di SMP Negeri 3 Welahan Tahun Ajaran 2020/ 2021

Nikmah, Lailatul (2022) Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dengan Kemandirian Belajar Siswa Materi SPLDV di SMP Negeri 3 Welahan Tahun Ajaran 2020/ 2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (293kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (535kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (929kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (823kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (765kB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (296kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dengan Kemandirian Belajar Siswa Materi SPLDV di SMP Negeri 3 Welahan Tahun Ajaran 2020/ 2021”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis matematis dengan kemandirian belajar siswa di SMP Negeri 3 Welahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Welahan tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari kelas VIII A, kelas VIII B, kelas VIII C, kelas VIII D, kelas VIII E, dan kelas F. pengambilan sampel dengan cara teknik cluster random sampling, maka terpilih sampel kelas VIII D. teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Product Moment. Hasil uji statistik menunjukkan: 1) ada hubungan yang positif dalam kategori sangat kuat antara kemampuan berpikir kritis matematis dengan kemandirian belajar siswa di SMP Negeri 3 Welahan. Hal ini dapat dilihat dari nilai Pearson Correlation sebesar 0,906 > 0,361 dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Selain itu dapat dilihat dari hasil uji-t diperoleh hasil nilai sig. 0,000 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 11,324 lebih besar dari ttabel 2,048. 2) Besar hubungan antara kemampuan berpikir kritis matematis dengan kemandirian belajar matematika siswa di SMP Negeri 3 Welahan Tahun Ajaran 2021/2022 sangat kuat dengan presentase 82,1%. Kemandirian belajar matematika 82,1% ditentukan oleh kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi dengan R square sebesar 0,821.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Mar 2022 08:28
Last Modified: 25 Mar 2022 08:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6917

Actions (login required)

View Item View Item