Keputusan Berkunjung Wisatawan: Ditinjau dari Social Media, City Branding dan City Image (Studi Kasus Pada Makam Sunan Kalijaga Demak)

Rohmah, Nur (2022) Keputusan Berkunjung Wisatawan: Ditinjau dari Social Media, City Branding dan City Image (Studi Kasus Pada Makam Sunan Kalijaga Demak). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (375kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (489kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (643kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (496kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (619kB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (400kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)

Abstract

Seiring berkembangnya kemajuan teknologi penggunaan sosial media dapat digunakan untuk mencari informasi terhadap suatu obyek dan dianggap sebagai media yang paling potensial untuk mempromosikan suatu obyek. Selain menggunakan strategi promosi dengan menggunakan social media juga dapat menggunakan strategi Penamaan merek pada suatu tempat (city branding) dan menciptakan citra pada kota tersebut (city image). Apabila semua faktor tersebut digabungkan dapat mempengaruhi keputusan berkunjung ke suatu tempat wisata. Maka dari itu dalam penelitian ini, social media, city branding dan city image digunakan untuk melihat sejauh mana pengaruhnya terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Makam Sunan Kalijaga Demak. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Field Research atau penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu kuesioner (angket) dan dokumentasi. Sedangkan teknik samplingnya adalah sampel kemudahan atau insidental dengan jumlah sampel 97 responden wisatawan yang mengunjungi Makam Sunan Kalijaga Demak. Instrumen penelitian pada uji validitas dan reliabilitas dengan melihat bivariate pearson dan cronbranch’s alpha serta metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara city branding dan city image terhadap keputusan berkunjung ke Makam Sunan Kalijaga Demak. Akan tetapi tidak ada pengaruh yang signifikan social media terhadap keputusan berkunjung ke Makam Sunan Kalijaga Demak. Sedangkan secara simultan menunjukkn hasil bahwa terdapat pengaruh antara social media, city branding dan city image terhadap keputusan berkunjung ke makam sunan kaljaga demak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Social Media, City Branding, City Image, dan Keputusan Berkunjung
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Masyarakat Islam
Kesenian > Rekreasi dan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:22
Last Modified: 28 Mar 2022 02:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6920

Actions (login required)

View Item View Item