Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Quiz dan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Jekulo Kudus Tahun pelajaran 2019/2020

Umaroh, Yuni Fatul (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Quiz dan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Jekulo Kudus Tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (332kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (353kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (659kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (453kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (692kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (291kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1.) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif team quiz terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Jekulo Kudus 2.) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Jekulo Kudus (c) Untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran team quiz dan think pair share terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Jekulo Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Yaitu studi penelitian yang mengambil data authentic secara obyek/studi lapangan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi berganda. Studi lapangan dilakukan di SMPN 3 Jekulo Kudus. Populasinya semua siswa kelas VIII dengan mengambil sampel sebanyak 123 menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif team quiz terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI sangat efektif. Dilihat dari nilai yang diperoleh team quiz sebesar 42,9 dalam kategori cukup baik. 2) Penerapan model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI sangat efektif. Dilihat dari nilai yang diperoleh think pair share sebesar 44,2 dalam kategori cukup baik. 3) Terdapat pengaruh dalam penerapan model pembelajaran kooperatif team quiz dan think pair share terhadap hasil belajar dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh team quiz sebesar 87,4 dalam kategori cukup baik dan nilai rata-rata yang diperoleh think pair share sebesar 85,1 dalam kategori baik. Sedangkan hasil perhitungan hipotesis penerapan model team quiz dan think pair share terhadap hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai Fhitung yang lebih besar dari Ftabel dengan taraf kesalahan 5% (145,320 > 19,486). Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh signifikan penerapan model kooperatif team quiz dan think pair share terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Team Quiz, Think Pair Share dan Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Apr 2022 07:34
Last Modified: 22 Apr 2022 07:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6927

Actions (login required)

View Item View Item