Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Menurut Kyai Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adabul ‘Alim wa Mutta’alim

Hanafi, Khoerunnisa (2021) Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Menurut Kyai Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adabul ‘Alim wa Mutta’alim. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (491kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (359kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (476kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (584kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (536kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (863kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (416kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB)

Abstract

Latar belakang peneliti menyusun skripsi ini disebabkan adanya permasalahan kurangnya kompetensi guru pendidikan Agama Islam. Penelitian ini memiliki dua tujuan penelitian antara lain adalah : Pertama, untuk mengetahui kompetensi guru pendidikan agama Islam. Kedua, untuk mengetahui relevansi kompetensi guru dengan etika guru pendidikan agama Islam. Berdasarkan tujuan tersebut, penelitian ini mengacu pada metode library research atau kajian pustaka dengan pendekatan kualitatif. Peneliti mengkaji sumber data primer yaitu kitab-kitab karya Kyai Hasyim Asy’ari khususnya kitab Adabul ‘Alim wa Mutta’alim . Selain itu, juga buku yang menyediakan data teoritis tentang pendidikan moral, dan buku-buku lain yang berhubungan dengan masalah penelitian, Dalam penelitian ini, menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik hermeneutik dengan metode deduktif dan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga kompetensi guru pendidikan agama Islam menurut Kyai Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adabul’alim wa Mutta’alim yang harus dimiliki seorang guru pendidikan agama Islam. Pertama, mengenai etika guru terhadap dirinya sendiri. Seorang guru hendaknya selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kedua, etika guru ketika sedang belajar mengajar. Mengawali pembelajaran dengan membaca Al Quran untuk kebaikan dirinya dan kebaikan murid Ketiga, etika guru terhadap murid atau peserta didik. Guru dapat dijadika teladan bagi murid dengan mempunyai akhlak yang terpuji.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru, etika guru
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Apr 2022 02:57
Last Modified: 28 Apr 2022 02:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6934

Actions (login required)

View Item View Item