Hernani, Siska Yuliana (2022) Implementasi Kegiatan Market Day dalam Upaya Menumbuhkan Karakter Kejujuran Anak Usia Dini di Kelompok A RA Al Husna Sugihrejo Gabus Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (290kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (184kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (503kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (3MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (312kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (609kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (261kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) |
Abstract
Penelitian ini yang dilatarbelakangi oleh mulai munculnya penyimpangan hal kecil yang terjadi dalam diri anak sejak dini seperti berkata tidak jujur, tidak mau mengakui kesalahan, suka menyalahkan teman, memutar balikkan fakta. Hal tersebut menjadi tantangan dalam dunia pendidikan untuk terus mengupayakan menanamkan pendidikan karakter-karakter yang baik salah satunya kejujuran. Kejujuran menjadi pondasi awal yang ditanamkan kepada anak untuk bekal di kehidupan yang mendatang di lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan market day dalam upaya menumbuhkan karakter kejujuran anak usia dini di kelompok A RA Al Husna. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan deskripsi mendalam tentang faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan kegiatan market day dalam upaya menumbuhkan karakter kejujuran anak usia dini di kelompok A RA Al Husna Sugihrejo Gabus Pati. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dengan jenis penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yakni penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alamiah dan peneliti menjadi instrumen kunci. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul peneliti melakukan pengujian keabsahan data dengan uji credibility (validitas internal), transferability (validitas external), dependability (reliabilitas), dan confirmability (obyektivitas). Dan pada teknis analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian dari implementasi kegiatan market day dalam upaya menumbuhkan karakter kejujuran anak usia dini di RA Al Husna yang dilaksanakan rutinan 2 minggu atau 3 minggu sekali dalam setiap pergantian tema pada hari Sabtu. Pelaksanaan kegiatan ini dengan menggunakan metode bermain peran atau sosiodrama. Guru berupaya untuk menumbuhkan kejujuran anak dengan membuat indikator kejujuran yaitu selalu mengajak anak untuk merawat dan menjaga produk yang akan dijual, menjaga fasilitas yang ada disekolahan, membayar produk yang sudah dibeli dikasir kejujuran, anak menyebutkan produk yang dibeli, terdapat anak merusak produk dengan tidak sengaja atau sengaja harus berkata kepada guru kalau ia telah merusak produk, selain itu terdapat peristiwa saat pelaksanaan kegiatan yaitu anak tidak sengaja menjatuhkan produk yang di jual kemudian anak tersebut meminta maaf dan ada anak yang mengambil benda yang jatuh kemudian di berikan kepada guru. Evalusi kegiatan dilakukan di akhir kegiatan, selama proses kegiatan guru mengamati secara langsung untuk melakukan evaluasi bersama anak didik, memberikan reward berupa tepuk salut, bintang, kata pujian kepada anak didik. Dalam pelaksanaan kegiatan terdapat faktor penghambat yaitu komunikasi anak kurang lancar dan kurangnya pengetahuan nominal uang sehingga dapat diatasi oleh faktor pendorong yaitu adanya fasilitas sekolahan yang memadai, kerjasama orangtua dan guru, dan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | market day, karakter kejujuran |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 28 Apr 2022 03:23 |
Last Modified: | 28 Apr 2022 03:23 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6939 |
Actions (login required)
View Item |