Rosidah, Nur (2022) Relevansi Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Modernisasi Pendidikan di MTs Negeri 1 Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (202kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (247kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (521kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (200kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (510kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (149kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang : (1)Bagaimana implementasi sistem pendidikan di MTs Negeri 1 Pati? (2)Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi sistem pendidikan di MTs Negeri 1 Pati? (3)Bagaimana relevansi pemikiran Fazlur Rahman tentang modernisasi pendidikan dengan sistem pendidikan di MTs Negeri 1 Pati?. penelitian yang digunakan dalam research ini adalah kualitatif lapangan (field research) dimana penelitian yang dilakukan secara langsung di MTs Negeri 1 Pati. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang kemudian data tersebut dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian pengujian keabsahan datanya menggunakan beberapa cara, yaitu perpanjangan pengamatan, triangulasi, menggunakan bahan referensi dan mengadakan member chek. Hasil penelitian menunjukan 1. Sistem pendidikan yang berjalan di MTs Negeri 1 Pati dengan sistem pendidikan mengacu pada Sistem Pendidikan Nasional yang merupakan sistem pendidikan yang akan membawa kemajuan dan perkembangan bangsa dan merespon tantangan zaman. Selain tersebut sistem pendidikan yang berjalan di MTs Negeri 1 Pati meliputi komponen-komponen pendidikan diantaranya dasar pendidikan, tujuan pendidikan, pendidik, peserta didik, kurikulum, sarana dan prasarana. 2. Fakor pendukung meliputi adanya kontrol dari Kepala Sekolah, dukungan orang tua siswa, dukungan para guru, sarana prasarana yang memadai, dan kesadaran para siswa itu sendiri. Sementara faktor penghambat diantaranya tidak semua siswa dengan latar belakang dari keluarga yang heterogen 3. Modernisasi pendidikan di MTs Negeri 1 Pati dilakukan secara komprehensif pada aspek komponen pendidikan namun yang paling terlihat jelas adala modernisasi pendidikan pada aspek tujuan pendidikan dimana menghilangkan dikotomi dengan cara mengintegrasikan antara ilmu umum dan agama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Relevansi Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Modernisasi Pendidikan |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 10 May 2022 02:35 |
Last Modified: | 10 May 2022 02:35 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6950 |
Actions (login required)
View Item |