Hubungan Minat Baca Dan Kecerdasan Interpersonal Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS Di MI Muhammadiyah Al-Manar

Nashihah, Innayatun (2022) Hubungan Minat Baca Dan Kecerdasan Interpersonal Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS Di MI Muhammadiyah Al-Manar. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (378kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (519kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (662kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (592kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB)

Abstract

Minat baca dan kecerdasan interpersonal dalam pembelajaran merupakan hal yang sangat berkaitan dan penting pada suksesnya suatu tujuan belajar, jika minat pada bacaannya sedikit maka anak akan cenderung bermalas-malasan begitupun pada kecerdasan interpersonal, jika sosial pada anak terbentuk dengan baik maka faktor pendukung minat bacanya juga baik karena dapat berupa pertanyaan kepada teman sebayanya, guru yang mengajarnya maupun orang tua yang membantu mendidiknya di rumah. banyaknya bacaan dan banyaknya teman atau orang disekitar akan membantu siswa memperoleh hasil belajar yang baik dan memuaskan. Perpustakaan yang telah disediakan oleh sekolah juga diharapkan dapat membantu meningkatkan minat baca siswa serta kepedulian siswa terhadap temannya, misal saling membantu dalam belajar. Penelitian ini bertujuan memperoleh beberapa temuan yaitu 1) terdapat hubungan variabel minat baca terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS di kelas IV. 2) terdapat hubungan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV. 3) terdapat hubungan minat baca dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 siswa yang semua siswa sebanyak 30 siswa tersebut juga menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik analisis datanya menggunakan asumsi klasik product moment dengan pendekatan asosiatif dan bantuan aplikasi SPSS versi 25 sebagai alat pengolah dan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel minat baca dan kecerdasan interpersonal memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap variabel hasil belajar IPS pada semester ganjil TP 2020/2021. Tingkat signifikansi koefisien korelasi antara hasil belajar ips dengan minat baca adalah 0,02<0,05 dan nilai t hitung 2,472>t tabel 2,042 dan pada kecerdasan interpersonal sebesar 0,03<0,05 dan nilai t hitung -3627<t tabel 2,042. Sehingga dapat disimpulkan minat baca dan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar ips memiliki hubungan yang positif dan signifikan. Padaiolah idata hipotesis yang idilakukan idiperoleh inilaiiF hitung i> iF itabel iyaitu i5,458 i> i3,32 idan inilai isig. i0,001inilai tersebut ilebih ikecil idaripada i0,05. iArtinya minat baca dan kecerdasan interpersonal siswa isecara isimultan iada ihubungan positif dan isignifikan iterhadap ihasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Minat Baca, Kecerdasan Interpersonal, dan Hasil Belajar IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 May 2022 06:31
Last Modified: 17 May 2022 06:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7002

Actions (login required)

View Item View Item