Pengaruh Kreativitas Guru di Masa Pandemi terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI MI I’anatul Athfal Cengkalsewu Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2020/2021

Ni’mah, Siti Sailin (2022) Pengaruh Kreativitas Guru di Masa Pandemi terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI MI I’anatul Athfal Cengkalsewu Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (282kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (354kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (595kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (562kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (730kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (356kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk: 1) mengetahui Kreativitas Guru di Masa Pandemi pada siswa Kelas VI MI I'anathul Athfal Cengkalsewu Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2020/2021, 2) mengetahui Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VI MI I'anathul Athfal Cengkalsewu Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2020/2021, 3) serta menganalisis secara statistik tingkat pengaruh Kreativitas Guru di Masa Pandemi terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI MI I'anathul Athfal Cengkalsewu Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian statistik dan korelasional (correlational research). Pengambilan sampel dalam penelitian ini, karena jumlah populasi kurang 100 responden, maka semua populasi diambil semua dan dijadikan obyek penelitian dengan jumlah responden 32 siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik pemberian angket/kuesioner, observasi, dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana melalui program SPSS versi 22. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa perolehan presentase tertinggi dari kreativitas guru adalah tipe berpikir rasional sebesar 34,375% sebanyak 11 siswa, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa kelas VI di MI I’anatul Athfal Cengkalsewu Sukolilo Pati mendapatkan kreativitas guru dengan tipe berpikir rasional. Hasil penelitian presentase pada minat belajar siswa diperoleh hasil bahwa dari total keseluruhan 32 responden terdapat 28 siswa dengan presentase 87,5% masuk pada kategori sangat tinggi, dan 4 siswa dengan presentase 12,5% yang masuk pada kategori sangat rendah. Hasil perolehan data pengaruh kreativitas guru di masa pandemi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VI MI I’anatul Athfal Cengkalsewu Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2020/2021 memperoleh hasil persamaan regresi Y= 2.597 + 0,941X dan menunjukan hasil korelasi sebesar 0,787 yang terletak pada interval 0,60 – 0,799 masuk kedalam kategori “kuat”. Hasil yang diperoleh dengan menggunakan analisis regresi sederhana melalui SPSS ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara kreativitas guru di masa pandemi tergadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VI di MI I’anatul Athfal Cengkalsewu Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas guru di masa pandemi, minat belajar siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 May 2022 01:56
Last Modified: 18 May 2022 01:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7007

Actions (login required)

View Item View Item