Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Belajar Online Melalui Aplikasi Via Whatsapp Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas V Mi Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti Pati Tahun Ajaran 2020/2021

Rahmawati, Afrina (2022) Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Belajar Online Melalui Aplikasi Via Whatsapp Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas V Mi Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti Pati Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (375kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (631kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (426kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (510kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (335kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses orangt tua dalam mendampingi belajar siswa melalui aplikasi whatsapp, kemudian mengetahui kendala-kendala apa saja yang terjadi dalam proses pendampingan belajar online melalui aplikasi whatsapp. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian kualitatif yaitu salah satu metode penelitian bersifat naturalistik dan didasarkan pada filsafat postpositivisme dimana peneliti sebagai human instrument, dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi terhadap institusi pendidikan yang terkait yaitu MI Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti Pati. Sumber diperoleh dari Kepala Sekolah, Guru Kelas V, orang tua kelas V, dan siswa kelas V. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) peran orang tua dalam mendampingi belajar online melalui aplikasi whatsapp di kelas V MI Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti Pati sudah berjalan dengan baik. Mulai dari orang tua yang sudah memberikan upaya-upaya dalam proses pendampingan belajar. Memahami gaya belajar anak, menyiapkan lingkungan belajar yang baik dan nyaman, memberikan motivasi supaya anak tetap semangat dalam mengikuti belajar yang dilakukan secara online, berperan sebagai fasilitator dan juga inspirator, 2) proses pendampingan online juga tidak luput dari masalah-masalah yang terjadi, baik dari pendidik, siswa maupun orang tua. Kendala-kendala tersebut sebagai faktor dalam menghambat proses pendampingan belajar, adapun kendalanya yaitu banyak mengeluarkan biaya dan tidak memiliki handphone, kurangnya pemahaman materi oleh orang tua, kesulitan dalam mengoperasikan handphone, kesulitan dalam jangkauan layanan internet, informasi tidak selalu diterima, keterlambatan dalam pengumpulan tugas, tidak mempunyai banyak waktu untuk pendampingan belajar, serta kurangnya kesabaran orang tua dalam mendampingi anak belajar dirumah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendampingan Belajar online, Aplikasi Whatsapp, Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 May 2022 02:39
Last Modified: 19 May 2022 02:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7028

Actions (login required)

View Item View Item