Strategi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Matholiul Hija Margorejo Dawe Kudus Tahun Ajaran 2021/2022

Nisa, Nurul (2022) Strategi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Matholiul Hija Margorejo Dawe Kudus Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (78kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (91kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (130kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (98kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (190kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Strategi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Matholiul Hija, Margorejo, Dawe, Kudus (2) Kesulitan yang dihadapi siswa terhadap pembelajaran daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Matholiul Hija, Margorejo, Dawe, Kudus. (3) kolaborasi antara guru dan orang tua murid Madrasah ibtidaiyah(MI) Matholiul Hija, Margorejo, Dawe Kudus terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Matholiul Hija Margorejo Dawe Kudus. Proses pengambilan data dilakukan dengan tiga cara yaitu observasi, studi dokumen dan wawancara. Pihak yang menjadi informan ada 6 orang yang terdiri dari Guru, wali murid dan murid. Semua data dianalisis dengan melakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Matholiul Hija, Margorejo, Dawe, Kudus yaitu menggunakan media teknologi WhatsApp dan Youtube. WhatsApp digunakan untuk memberitahukan informasi yang terkait dengan pembelajaran, pengiriman materi pembelajaran, melakukan diskusi baik itu memakai ketikan/chating maupun voice note atau video call. Sedangkan Youtube digunakan untuk pengayaan materi,dengan siswa diminta untuk melihat video yang ada di Youtube agar materi yang diberikan lebih komplek dan mudah dipahami oleh siswa karena materi diberikan melalui tulisan, gambar dan suara (2) Kesulitan yang dihadapi siswa terhadap pembelajaran daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Matholiul Hija, Margorejo, Dawe, Kudus yaitu berkaitan dengan keterbatasan alat komunikasi (HP/laptop) karena Sebagian siswa tidak memiliki HP sendiri tetapi HP orang tuanya, padahal Sebagian wali murid itu kalau pagi hari pergi bekerja sehingga otomatis siswa tidak mengikuti sekolah pada pagi hari tetapi mengikuti sekolah (buka HP) setelah orang tuanya pulang dari bekerja. Kesulitan lainnya yang dialami siswa adalah keterbatasan memiliki kuota, dan jaringan internet yang kurang baik, tidak stabil sehingga mengganggu dalam proses belajar mengajar menggunakan WhatsApp. (3) kolaborasi antara guru dan orang tua murid Madrasah ibtidaiyah(MI) Matholiul Hija, Margorejo, Dawe Kudus terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 dengan cara menjalin komunikasi melalui WhatsApp, Telephon, secara individu dan seringkali mengadakan pertemuan bersama dengan wali murid (dengan menerapkan protokol Kesehatan yang ketat) yang ditujukan untuk evaluasi belajar siswa. Jadi ada komunikasi yang cukup intensif baik itu secara tatap muka maupun tidak tatap muka antara guru dan wali murid

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembelajaran Daring, Masa Pandemi Covid 19
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 May 2022 02:53
Last Modified: 19 May 2022 02:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7029

Actions (login required)

View Item View Item