Strategi Peningkatan Prestasi Peserta Didik Diskalkulia Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III MI Sirojul Huda Pasuruhan Kayen Pati

Sari, Devi Indra Lukmana (2022) Strategi Peningkatan Prestasi Peserta Didik Diskalkulia Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III MI Sirojul Huda Pasuruhan Kayen Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (279kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (110kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (200kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (80kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)

Abstract

Penelitian ini bisa dikatakan sebagai sebuah analisis kegiatan pembelajaran peserta didik diskalkulia di Madrasah Ibtidaiyah Sirojul Huda di masa pandemi covid-19 yang dimana peserta didik diskalkulia yang seharusnya di tempatkan di sekolah dasar luar biasa, tetapi berbeda dengan penelitian ini yang akan membahas mengenai peningkatan prestasi belajar peserta didik diskalkulia pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini akan memaparkan mengenai proses penerapan strategi peningkatan prestasi belajar peserta didik diskalkulia, peran guru dan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik diskalkulia, serta kesulitan yang dihadapi guru, orang tua, dan peserta didik diskalkulia dalam meningkatan prestasi belajar peserta didik diskalkulia pada masa pandemi Covid-19 di kelas III MI Sirojul Huda Kayen Pati. Jenis penelitian ini yaitu field reseacrh, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 1 guru kelas III, 3 orang tua peserta didik diskalkulia, dan 3 peserta didik diskalkulia di MI Sirojul Huda Kayen Pati. Dengan teknik pengumpulan data indept interview semi tertruktur, observasi yang digunakan yaitu metode campuran antara observasi partisipasif dan non partisipasif, serta dokumentasi dapat dikumpulkan data-data yang berhubungan dengan objek yang diteliti yaitu tentang strategi peningkatan , peran guru dan orang tua, dan kesulitan yang dihadapi guru, orang tua peserta didik diskalkulia, dan peserta didik diskalkulia. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan teknik analisi data dengan cara mereduksi data, display data, verification atau penarikan kesimpula. Hasil penelitian ini adalah Strategi yang digunakan untuk meningkatkan prestasi peserta didik diskalkulia pada masa pandemi covid-19 di kelas III MI Sirojul Huda Pasuruhan Kayen Pati yaitu dengan diadakannya KBM secara daring dan tatap muka, untuk kegiatan belajar mengajar guru bekerja sama dengan orang tua peserta didik diskalklia untuk menggunakan metode driil, metode hitungan jari, dan metode penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari saat mendampingi peserta didik belajar secara tatap muka dan secara daring. Sedangkan untuk peran penting guru dan orang tua yaitu guru dan orang tua secara terus menerus membimbing peserta didik diskalkulia, seringnya memberikan reward kepada peserta didik diskalkulia, dan adanya perhatian khusus oleh guru kelas dalam membimbing peserta didik diskalkulia dalam KBM, orang tua peserta berperan untuk memfasilitasi peserta didik diskalulia dalam belajar. Ada beberapa kesulitan yang dihadapi oleh guru, orang tua, dan peserta didik diskalkulia diantaranya yaitu pada koneksi internet yang terkadang sulit digunakan saat daring, kesulitan terjadi juga saat kegiatan belajar mengajar secara luring karena durasi waktu saat KBM yang sedikit guru dan peserta didik diskalkulia kesulitan untuk membagi waktu dalam belajar secara luring. Orang tua dituntut untuk bisa memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan inovatif ddaam memebrikan soal-soal latihan yang baru setiap belajar. Peserta didik diskalkulia kesulitan dalam memahami pelajaran dalam waktu yang sedikit karena untuk memahami pelajaran peserta didik diskalkulia membutuhkan waktu yang lama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Peningkatan Prestasi Belajar, Peserta didik Diskalkulia, Pandemi Covid-19, MI Sirojul Huda
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 May 2022 02:59
Last Modified: 19 May 2022 02:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7030

Actions (login required)

View Item View Item