Implementasi Kurikulum Vokasi Berbasis Industri Pada Pendidikan Agama Islam di SMK Kabupaten Kudus (Studi Kasus SMK Raden Umar Said Kudus)

Abshor, Muhammad Ulil (2022) Implementasi Kurikulum Vokasi Berbasis Industri Pada Pendidikan Agama Islam di SMK Kabupaten Kudus (Studi Kasus SMK Raden Umar Said Kudus). Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (358kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (349kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (547kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (332kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (603kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (415kB)
[img] Text
09. BAB VI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan: 1) implementasi kurikulum vokasi berbasis industri pada pendidikan agama Islam di SMK Raden Umar Said Kudus; dan 2) faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum vokasi berbasis industri pada pendidikan agama Islam di SMK Raden Umar Said Kudus. Penelitian ini merupakan studi lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan pengajian dokumen. Subyek dan informan dalam penelitian ini, yaitu Guru Pendidikan Agama Islam. Selanjutnya uji keabsahan data dengan cara meningkatkan ketekunan, triangulasi dan mengadakan member check. Sedangkan untuk analisis data dengan menggunakan model interaktif, melalui: reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Implementasi kurikulum vokasi berbasis industri pada pendidikan agama Islam pada SMK Raden Umar Said Kudus, yaitu: a) Suatu kondisi dinamis sebagai bagian hak dan kewajiban guru PAI dalam implementasi kurikulum vokasi berbasis industri pada pendidikan agama Islam dalam aktivitas pembelajaran di kelas dan di luar kelas untuk pembentukan karakter berakhlakul karimah serta mengamalkan nilai-nilai Islami di lingkungan sekolah dan maupun dikehidupannya sehari-hari; b) Pada implementasi peran guru terdiri dari: (1) guru PAI sebagai perencana, (2) guru PAI pengajar; (3) guru PAI sebagai motivator; dan (4) guru PAI sebagai evaluator; c) dampak kompetensi guru PAI dalam implementasi kurikulum vokasi berbasis industri pada pendidikan agama Islam yaitu guru mampu menguasai bahan ajar, mengelola kelas, menggunakan media dan sumber belajar pelajaran pendidikan agama Islam lainnya, serta memiliki pribadi yang santun, religius dan menjadi teladan bagi peserta didik dan warga sekolah, dan d) Proses inovasi guru PAI dalam implementasi kurikulum vokasi berbasis industri pada pendidikan agama Islam, yaitu: (1) menggunakan kurikulum PAI 2013 sebagai bahan acuan dalam kegiatan pembelajaran; (2) melakukan inovasi dengan menggunakan model pembelajaran daring atau online; dan (3) diterapkan dalam 3 langkah tahapan kegiatan yaitu, pertama, kegiatan awal sebagai perencanaan, Kedua, kegiatan inti, sebagai pelaksanaan, Ketiga, kegiatan penutup, sebagai evaluasi. Adapun 2) faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum vokasi berbasis industri pada pendidikan agama Islam di SMK Raden Umar Said Kudus, meliputi: a) faktor pendukung terdiri : kurikulum dirancang oleh guru PAI sendiri, terdapat dukungan penuh atau support dari kepala sekolah, ketersediaan sarana, dan kurikulum sesuai dengan kebutuhan saat ini, yaitu vokasi berbasis industri, b) faktor penghambat terdiri: (1) interaksi pembelajaran kurang maksimal, koneksitas pembelajaran tergantung oleh adanya kuota atau wifi, dan terjadinya kecurangan atau mencontek tugas-tugas yang dikumpulkan oleh siswa; (2) perubahan industri yang cepat menjadikan inovasi yang dilakukan harus dapat mengimbangi perubahan; dan (3) SDM guru PAI yang masih perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Vokasi berbasis Industri, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 May 2022 01:40
Last Modified: 24 May 2022 01:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7049

Actions (login required)

View Item View Item