Ni’am, Dewi Nafi Satun (2022) Analisis Bentuk Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Logis Matematis Di Pos Paud Bintang Ceria Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (353kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (276kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (460kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (598kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (459kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (702kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (270kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (598kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang (1) pola asuh demokratis orang tua di Pos PAUD Bintang Ceria (2) cara orang tua mengembangkan kecerdasan logis matematis di Pos PAUD Bintang Ceria (3) bentuk pola asuh demokratis orang tua dalam mengembangkan kecerdasan logis matematis di Pos PAUD Bintang Ceria. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif . penelitian ini dilakukan dalam kondisi alamiah mengenai data-data terkait fakta yang terjadi. Penelitian ini lakukan dengan datang langsung kelokasi untuk mengamati dan memahami serta bertanya untuk mendapatkan informasi. Metode yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian data tersebut dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan maka diperoleh hasil bahwa pola asuh demokratis orang tua dalam mengembangkan kecerdasan logis matematis yaitu sebagai berikut, pertama pola asuh demokratis orang tua di Pos Paud Bintang Ceria orang tua yaitu nampak dari orang tua memberikan kebebasan pada anak namun orang tua tetap mengarahkannya. Orang tua memberikan kebebasan bertujuan agar anak menjadi kreatif dan dapat berkembang secara optimal. Dalam memberikan aturan pada anak orang tua tetap memberikan penjelasan kepada anak mengapa harus mematuhi peraturan tersebut. Kedua, mengembangkan kecerdasan logis matematis orang tua menfasilitasi anak dengan ragam main yang mengarah pada kecerdasan anak tersebut, seperti balok ,flash card maupun meronce. Ketiga, pola asuh demokratis orang tua dalam mengembangkan kecerdasan logis matematis yaitu kecerdasan seseorang dapat berkembang dengan adanya faktor pendukung salah satunya keluarga, didalam keluarga lah anak memperoleh pendidikan pertamanya, dan dalam keluargalah bagaimana seorang anah mendapatkan pengasuhan. Pola asuh demokratis demokratis memberikan kebebasan pada anak untuk mengembangkan kreativitasnya, dan tentunya adanya pendampingan orang tua. Pada kecerdasan logis matematis anak orang tua memberikan ragam main atau kegiatan yang mengarah pada kecerdasan logis matematis, seperti mngenalkan anak pada bentuk geometeri, mengenalkan angka satu sampai dengan sepuluh, bermain balok maupun puzzle ataupun flash card angka
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh Demokratis, Kecerdasan Logis Matematis |
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi Akhlak dan Tasawuf > Akhlak 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 May 2022 01:41 |
Last Modified: | 25 May 2022 01:41 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7067 |
Actions (login required)
View Item |