Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Manbaul Hikmah Putatsari Grobogan tahun 2021

Afifudin, Agus (2022) Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Manbaul Hikmah Putatsari Grobogan tahun 2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (437kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (245kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (529kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (752kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (470kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (593kB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (323kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)

Abstract

Pendidikan pesantren merupakan pendidikan yang berbeda dengan pendidikan yang lainya yang mempunyai ciri khusus yang unik dan menonjol, santri mempuyai hubungan yang erat dengan kiyai, Hubungan tersebut dapat menumbuhkan sikap persaudaraan yang erat. Tata nilai pesantren ditanamkan pada diri santri agar terbiasa hidup sebagai tata tertib. Sehingga pesantren menjadi sebuah lembaga yang sangat efektif dalam pengembangan pendidikan karakter santri. Penerapan pendidikan karakter pada santri di Pondok pesantren Manbaul Hikmah menggunakan keteladan ustadz/ustadzah, pembiasaaan melalui jadwal kegiatan dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajarannya melalui kitab-kitab ahlak, seperti: kitab Aqidatul Awam, Bidayatul Hidayah, Ta’limul Muta’alim, Hikam dan Ihya’ Ulumuddin. Pertanyaan penelitian pada skripsi ini adalah bagaimana implementasi nilai-nilai karakter dengan Tuhan dan diri sendiri pada santri di Pondok pesantren Manbaul Hikmah Putatsari Kecamatan Grobogan?, metode apa saja yang digunakan untuk mengimplementasi nilai-nilai karakter dengan Tuhan dan diri sendiri pada santri di Pondok pesantren Manbaul Hikmah Putatsari Kecamatan Grobogan?, faktor-faktor apakah yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter pada santri di Pondok pesantren Manbaul Hikmah Putatsari Kecamatan Grobogan?. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi nilai-nilai karakter dengan Tuhan dan diri sendiri pada santri di Pondok pesantren Manbaul Hikmah Putatsari Kecamatan Grobogan, mendiskripsikan metode apa saja yang digunakan untuk mengimplementasi nilai-nilai karakter dengan Tuhan dan diri sendiri pada santri di Pondok pesantren Manbaul Hikmah Putatsari Kecamatan Grobogan,mendiskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi impelementasi pendidikan karakter pada santri di Pondok pesantren Manbaul Hikmah Putatsari Kecamatan Grobogan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan skunder, metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Implmentasinilai nilai karakter terhadap tuhan yaitu karakter iman dan taqwa serta ikhlas, karakter terhadap diri sendiri yaitu karakter disiplin dan sabar. 2) metode yang digunakan dalam implementasi nilai-nilai karakter ketuhanan dan diri sendiri adalah metode dengan keteladanan, pembiasaan dan pemberian nasehat/arahan. 3) faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan karakter yaitu faktor intern: insting/naluri dan kebiasaan, sedangkan faktor ekstren: pendidikan dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pesantren, Pendidikan Karakter, Akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 May 2022 01:45
Last Modified: 25 May 2022 01:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7068

Actions (login required)

View Item View Item