Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Kembara Rindu I karya Habiburrahman El Shirazy

Mansyur, Noor Khasan Ali (2022) Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Kembara Rindu I karya Habiburrahman El Shirazy. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (483kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (625kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (368kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (647kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (330kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (402kB)

Abstract

Arus globalisasi yang mulai mengikis dunia pendidikan sekarang ini mulai terasa bahwa nilai-nilai Pendidikan karakter kurang mendarah daging pada setiap individu. Secara hukum, nilai itu terbagi menjadi nilai mutlak dan nilai relatif. Dikatakan nilai relative karena adakalanya nilai itu positif dan adakalanya nilai itu negatif. Novel Kembara Rindu 1 merupakan sebuah novel yang memiliki nilai positif. Hal tersebut berdasar atas adanya endosemen-endosemen dari berbagai pihak. Novel tersebut bergenre religi. Dengan adanya novel tersebut, pembaca dapat menyerap nilai-nilai Pendidikan Karakter yang terkandung dalam cerita untuk kemudian dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan Karakter yang terdapat dalam novel Kembara Rindu 1 karya Habiburrahman El Shirazy dan relevansinya terhadap aspek materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Library Research dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui studi observasi pustaka dan dokumentasi terhadap novel Kembara Rindu 1. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik Content Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama,nilai-nilai Pendidikan Karakter yang terdapat pada Novel Kembara Rindu 1 meliputi: nilai akidah (iman kepada Allah, iman kepada Kitab-kitab Allah, iman kepada Rasul-rasul Allah, iman kepada Qada dan Kadar); nilai syariat/ibadah: taharah, salat berjamaah, salat sunah tahajud, salat sunah duha, dan akad jual beli; nilai akhlak: berbakti kepada orang tua, sabar, amanah, jujur, ikhtiar, optimis, pemaaf, dan bersyukur. kedua,adanya relevansi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang terdapat dalam novel Kembara Rindu 1 karya Habiburrahman El Shirazy terhadap aspek materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Karakter, Novel
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 May 2022 01:50
Last Modified: 25 May 2022 01:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7070

Actions (login required)

View Item View Item