Mansyur, Noor Khasan Ali (2022) Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Kembara Rindu I karya Habiburrahman El Shirazy. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (329kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (270kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (483kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (625kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (368kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (647kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (330kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (402kB) |
Abstract
Arus globalisasi yang mulai mengikis dunia pendidikan sekarang ini mulai terasa bahwa nilai-nilai Pendidikan karakter kurang mendarah daging pada setiap individu. Secara hukum, nilai itu terbagi menjadi nilai mutlak dan nilai relatif. Dikatakan nilai relative karena adakalanya nilai itu positif dan adakalanya nilai itu negatif. Novel Kembara Rindu 1 merupakan sebuah novel yang memiliki nilai positif. Hal tersebut berdasar atas adanya endosemen-endosemen dari berbagai pihak. Novel tersebut bergenre religi. Dengan adanya novel tersebut, pembaca dapat menyerap nilai-nilai Pendidikan Karakter yang terkandung dalam cerita untuk kemudian dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan Karakter yang terdapat dalam novel Kembara Rindu 1 karya Habiburrahman El Shirazy dan relevansinya terhadap aspek materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Library Research dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui studi observasi pustaka dan dokumentasi terhadap novel Kembara Rindu 1. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik Content Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama,nilai-nilai Pendidikan Karakter yang terdapat pada Novel Kembara Rindu 1 meliputi: nilai akidah (iman kepada Allah, iman kepada Kitab-kitab Allah, iman kepada Rasul-rasul Allah, iman kepada Qada dan Kadar); nilai syariat/ibadah: taharah, salat berjamaah, salat sunah tahajud, salat sunah duha, dan akad jual beli; nilai akhlak: berbakti kepada orang tua, sabar, amanah, jujur, ikhtiar, optimis, pemaaf, dan bersyukur. kedua,adanya relevansi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang terdapat dalam novel Kembara Rindu 1 karya Habiburrahman El Shirazy terhadap aspek materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai, Pendidikan Karakter, Novel |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 May 2022 01:50 |
Last Modified: | 25 May 2022 01:50 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7070 |
Actions (login required)
View Item |