Jauhari, Azka (2022) Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pembelajaran Fikih Pada Kelas VII MTs Nurul Islam Kriyan Di Masa Pandemi. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (264kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (275kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (437kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (589kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (406kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (470kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (359kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (349kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui media sosial apa yang digunakan guru dan siswa dalam pembelajaran fikih kelas VIII MTs Nurul Islam Kriyan di masa pandemi. 2) Untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran fikih pada kelas VIII MTs Nurul Islam Kriyan di masa pandemi. 3) Untuk mengetahui bagaimana faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran fikih pada kelas VIII MTs Nurul Islam Kriyan di masa pandemi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru fikih, kepala sekolah dan siswa MTs Nurul Islam Kriyan. Teknik pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Media sosial yang digunakan oleh guru fikih di MTs Nurul Islam dalam proses belajar online adalah aplikasi Whatsapp, dan YouTube. Melalui aplikasi google classroom guru fikih tersebut membagikan materi dan para siswa disuruh menyimakmateri tersebut dengan membuka aplikasi google classroom juga. Terkadang juga guru fikih membuat video materi yang di unggah di YouTube dan kemudian link video tersebut di bagikan ke grup whatsapp per kelas untuk dipelajari para siswa. Pemanfaatan media sosial pada pembelajaran fikih guru wali kelas diwajibkan agar membuat grup di whatsapp agar siswa dan guru pengampu mata pelajaran fikih bisa berinteraksi dengan baik dengan pengawasan guru wali kelas. Tidak hanya hal itu, peneliti juga mendapat informasi dari beberapa informan bahwasanya pemanfaatan media sosial bukan hanya untuk kegiatan belajar mengajar saja tapi juga untuk absensi atau bisa disebut dengan daftar hadir. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat guru fikih dalam menggunakan media pembelajaran online di MTs Nurul Islam Kriyan yaitu: 1) Faktor Pendukung, Pertama, Support atau dukungan dari pihak sekolah. Kedua, Fasilitas dari pihak sekolah. Ketiga, Dari diri sendiri para siswa. 2) Faktor Penghambat, Pertama, Sinyal internet buruk Kedua, Keterbatasan waktu pembelajaran Ketiga, Guru dan Keempat, Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial, Pembelajaran Fikih |
Subjects: | Fiqih, Hukum Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 May 2022 01:53 |
Last Modified: | 25 May 2022 01:53 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7073 |
Actions (login required)
View Item |