Integrasi Nilai-nilai Islam dengan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dan Implikasinya dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik di MA NU Ma’arif Kudus

Aini, Naila Noor (2022) Integrasi Nilai-nilai Islam dengan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dan Implikasinya dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik di MA NU Ma’arif Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (497kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (373kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (656kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (404kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (426kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB)

Abstract

Dunia pendidikan memiliki peran yang sangat penting untuk pembentukan watak/kepribadian dan akhlak peserta didik. Pendidikan Agama Islam dan Ekstrakurikuler Pramuka diharapkan dapat mengatasi masalah/problem yang ada pada masa sekarang, terkhusus dalam pembentukan akhlak peserta didik. Untuk itu pembentukan akhlakul karimah peserta didik sangatlah dibutuhkan. Maka di MA NU Ma’arif Kudus diterapkan pelaksanaan integrasi nilai-nilai Islam dengan kegiatan Pramuka dalam membentuk akhlak peserta didik. Penelitan ini memiliki tujuan yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis; (1) Pelaksanaan kegiatan Pramuka di MA NU Ma’arif Kudus, (2) Pelaksanaan integrasi nilai-nilai Islam dengan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di MA NU Ma’arif Kudus, (3) Implikasi pelaksanaan integrasi nilai-nilai Islam dengan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk akhlak peserta didik di MA NU Ma’arif Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan dilaksanakan di MA NU Ma’arif Kudus. Subjek penelitiannya yaitu kepala madrasah, pembina Pramuka, serta peserta didik MA NU Ma’arif Kudus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menggunakan teknik perpanjangan observasi, peningkatan ketekunan, dan triangulasi untuk menguji keabsahan data. Adapun analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman dengan tiga langkah, diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasillldari penelitian memperlihatkan bahwa; (1). Pelaksanaan kegiatan Pramuka di MA NU Ma’arif Kudus menggunakan model terpaduu yang menghubungkan/menggabungkan atau mengaitkan secara mendasar hingga terdapat benang merah antara nilai-nilai Islam dengan Satya Dharma Pramuka,. (2) Pelaksanaan integrasi nilai-nilai Islam dengan ekstrakurikuler Pramuka diii MA NU Ma’arif Kudus, yakni memadukan unsur-unsur kegiatan keagamaan dalam setiap aspek dalam kegiatan Pramuka melalui tiga proses yaitu pemahaman ilmu, pembiasaan dan keteladanan, (3) Implikasi integrasi nilai-nilai Islam dengan kegiatan Pramuka dalam membentuk akhlak peserta didik di Ma NU Ma’arif..Kudus telah terlaksana dengan baik dan memberikan perubahan lebih baik bagi peserta didik dengan indikator akhlak yaitu muraqabah, amanah, tawadhu’/rendah hati, tanggung jawab dan disiplin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Pembentukan Akhlak, Pramuka.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 May 2022 06:43
Last Modified: 25 May 2022 06:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7075

Actions (login required)

View Item View Item