Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di SMA NU Al Ma’ruf Kudus

Fauzan, Ahmad (2022) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di SMA NU Al Ma’ruf Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (432kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (416kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (450kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (608kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (441kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (790kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (362kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan internalisasi niali-nilai PAI dalam peningkatan kecerdasan spiritual peserta didik di SMA NU Al Ma’ruf Kudus, yang dijabarkan meliputi: (1) konsep internalisasi nilai-nilai PAI dalam peningkatan kecerdasan spiritual peserta didik di SMA NU Al Ma’ruf Kudus; (2) jenis aktivitas yang dilakukan dalam internalisasi nilai-nilai PAI dalam peningkatan kecerdasan spiritual peserta didik di SMA NU Al Ma’ruf Kudus; dan (3) metode internalisasi nilai-nilai PAI dalam peningkatan kecerdasan spiritual peserta didik di SMA NU Al Ma’ruf Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan Guru PAI. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan pengkajian dokumen. Analisi Data dilakukan dengan pendekatan interaktif model yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menilai kredibilitas data dilakukan dengan teknik triangulasi, yaitu tekhnik pengumpulan data yg bersifat penggabungan data dari sumber data yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Konsep Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di SMA NU Al Ma’ruf Kudus, yaitu upaya menanamkan suatu nilai-nilai PAI pada peserta didik melalui sejumlah aktivitas dan program untuk menyeimbangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dengan Keimanan dan Ketakwaan (IMTAQ) agar dapat berperilaku di atas kesadaran secara utuh bertanggung jawab sebagai umat manusia yang memiliki hak dan kewajiban baik terhadap diri maupun lingkungannya; 2) Jenis Aktivitas Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di SMA NU Al Ma’ruf Kudus terdiri dari a) aktivitas di kelas yakni: Pengajaran PAI secara kurikuler, Membaca do’a-do’a, istighosah, Khotmil Qur’an bil ghoib ataupun bil nadhar, dan Maulid Al Barzanji. b) aktivitas di luar kelas (ekstrakurikuler) yakni: Praktik membaca kitab, khitobah, hadroh (sholawat), Kegiatan sosial PHBI, bakti sosial masyarakat; dan (3) Metode Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di SMA NU Al Ma’ruf Kudus, yaitu pembiasaan, pengajaran, peneladanan, pemotivasian, dan pendisiplinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai-Nilai PAI, Kecerdasan Spiritual, SMA
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 May 2022 02:11
Last Modified: 30 May 2022 02:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7108

Actions (login required)

View Item View Item