Implementasi Metode Cerita Islami dalam Menumbuhkan Rasa Cinta pada Agama di TK Islam Mangun Sejati Bugel Kedung Jepara Tahun Ajaran 2020/2021

A’yun, Satriani Qurrota (2022) Implementasi Metode Cerita Islami dalam Menumbuhkan Rasa Cinta pada Agama di TK Islam Mangun Sejati Bugel Kedung Jepara Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (431kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (640kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (631kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (375kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (568kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)

Abstract

Untuk menciptakan manusia yang berpendidikan dan memiliki keimanan agama yang baik. Oleh karena itu maka anak membutuhkan bimbingan dan arahan orang tua atau para guru dalam memfasilitasi potensi dalam menumbuhkan rasa cinta pada agama supaya dapat berkembang dengan maksimal, yang pada akhirnya kemampuan itu dapat berguna bagi kehidupan di masa yang akan datang. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui lebih detail arah pembahasan yang memfokuskan pada implementasi metode cerita Islami dalam menumbuhkan rasa cinta pada agama di TK Islam Mangun Sejati Bugel Kedung Jepara. Fokus penelitian ini dijabarkan menjadi pertanyaan; 1) Bagaimana implementasi metode cerita Islami dalam menumbuhkan rasa cinta pada agama di TK Islam Mangun Sejati Bugel Kedung Jepara?; 2) Apa faktor penunjang dan penghambat dalam implementasi metode cerita Islami dalam menumbuhkan rasa cinta pada agama di TK Islam Mangun Sejati Bugel Kedung Jepara?. Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif yang lebih bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan pada natural setting (kondisi alamiah), dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti melakukan keabsahan data dengan model perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi data, dan diskusi teman sejawat. Kegiatan dalam analisis data yaitu menelaah seluruh data, kemudian data reduksi, mendisplay data dan kesimpulan. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, wali murid, serta peserta didik kelas B3 Hasil yang telah diperoleh setelah mengadakan penelitian adalah sebagai berikut : yang Pertama, pelaksanaan metode cerita Islami di TK Islam Mangun Sejati berjalan sesuai dengan tahap-tahap penerapannya pendidik memiliki persiapan-persiapan dalam pelaksanaan metode cerita Islami.. yang Kedua, faktor penunjang dan penghambat pelaksanaan metode cerita Islami dalam menumbuhkan rasa cinta pada agama yaitu Pendidik, Lingkungan, dan Sumber Belajar. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu hambatan waktu yang terbatas, hambatan dalam pengelolaan kelas, serta hambatan dari internal peserta didik maupun pendidik sendiri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Cerita Islami, Rasa Cinta pada Agama
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 May 2022 02:54
Last Modified: 31 May 2022 02:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7157

Actions (login required)

View Item View Item