Pemberdayaan Anak Jalanan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Desa Demaan Kaligelis Kudus

Huda, Moh Nur (2022) Pemberdayaan Anak Jalanan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Desa Demaan Kaligelis Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (414kB)
[img] Text
3. DAFTAR.pdf

Download (204kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (608kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (792kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (408kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (565kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (358kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)

Abstract

Anak jalanan merupakan anak yang kurang beruntung dengan keadaan yang membutuhkan bantuan baik moral dan juga pendidikan. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) melakukan pembelajaran pada anak jalanan di Desa Demaan Kaligelis dalam pembelajaran keagamaan, norma dan juga sosial. Sehingga diharapkan terbentuknya akhlaqul karimah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pemberdayaan yang dilakukan oleh para aktivis pengajar di PKBM. Dalam pembelajaran yang dilakukan para aktivis pengajar kepada peserta didik yaitu berfokus terhadap mengembangkan potensi serta keterampilan yang dimiliki peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Penelitian lapangan (Field Research) merupakan penelitian“yang bertujuan untuk mempelajari secara intensif tentang latarbelakang sekarang dan interaksi lingkungan sesuatu”unit sosial, individu, kelompok, lembaga atau masyarakat dalam Pemberdayaan Anak Jalanan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Desa Demaan Kaligelis Kudus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, dalam proses pembelajaran di PKBM aktivis pengajar biasanya melakukan pembelajaran, satu pengajar membantu dua sampai tiga anak, dikarenakan anak-anak ini membutuhkan perhatian lebih dalam belajar serta menanamkan motivasi dalam hal-hal baik pada”anak-anak. Faktor pendukung adalah 1) Aktivis pengajar yang dapat memahami kondisi peserta didik (anak jalanan), 2) Lingkungan dan pergaulan yang mendukung, 3) Antusiasme peserta didik (anak jalanan) dalam belajar. Kemudian faktor penghambat adalah 1) Biaya terbatas, 2) Lingkungan yang tidak mendukung, 3) Pendidik yang kurang berkompeten

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Anak Jalanan, PKBM
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Jun 2022 03:05
Last Modified: 02 Jun 2022 03:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7160

Actions (login required)

View Item View Item