Handayani, Khusnia (2022) Penerapan Strategi Pembelajaran IPS Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Di MTs Darul Ulum Purwogondo Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (211kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (168kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (328kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (492kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (280kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (423kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (215kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi munculnya permasalahan yang menunjukkan bahwa materi pelajaran IPS yang disampaikan tidak dapat sepenuhnya diterima oleh anak didik, karena anak didik mengalami ketidakpahaman tentang apa yang dipelajari. Akibatnya anak didik menjadi tidak semangat belajar. Selain anak didik, Pendidik juga mengalami kendala dalam memotivasi anak didik karena adanya beberapa faktor internal maupun eksternal dalam meningkatkan motivasi belajar anak didik. Adapun dari tujuan penelitin ini; 1) Untuk mengetahui strategi pembelajaran IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Purwogondo Tahun Ajaran 2021/2022. 2) Untuk mengetahui bentuk strategi pembelajaran IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Purwogondo Tahun Ajaran 2021/2022 . 3)Unruk Mengetahui kendala guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (filed research), dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk melakukan penelitian, pengamatan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, pendekatan ini digunakan peneliti untuk memperoleh data yang fakta tentang strategi pembelajaran yang digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII. Dari informan yang terkait dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber, teknik, waktu. Selanjutnya data dianalisis dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Strategi pembelajaran IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII yang dilakukan pendidik sangat baik dalam memotivasi belajar anak didik. Sehingga strategi pendidik IPS dalam meningkatkan motivasi belajar dengan cara menggunakan macam-macam metode dalam proses belajar mengajar. 2) Bentuk strategi pembelajaran IPS tersebut cara atau trik yang digunakan pendidik IPS dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan dari keinginan anak didik dalam belajar, khususnya pada mata pelajaran IPS. 3) Kendala yang dialami oleh pendidik IPS dalam meningkatkan motivasi belajar anak didik disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor penghambat ( internal; dari pendidik, anak didik, maupun media pembelajaran, eksternal; keterbatasan media pembelajaran dan pengaruh teman sebaya) dan faktor pendukung ( internal; motivasi belajar anak didik, dan intelegensi anak didik, sedangkan eksternalnya; dari lingkungan, sesi Tanya jawab, dan teman sebaya)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran, Pembelajaran IPS, Motivasi belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 03:32 |
Last Modified: | 02 Jun 2022 03:32 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7166 |
Actions (login required)
View Item |