Amna, Muhammad Fadlla (2022) Implementasi Program Pembentukan Akhlak Bagi Santri Di Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Tayu Pati Tahun 2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (425kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (360kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (470kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (683kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (393kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (822kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (342kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (374kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya santri di pondok pesantren Roudlotul Qur’an Tayu Pati yang melanggar peraturan pondok. Maka dari itu, program pembentukan akhlak bagi santri pondok pesantren tersebut sangatlah dibutuhkan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripkan implementasi program pembentukan akhlak meliputi program, metode, dan proses pembentukukan akhlak santri, dan faktor pendukung, penghambat, serta solusi dalam pembentukan akhlak bagi santri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu pengasuh pondok, pengampu pembelajaran, serta santri Pondok Pesantren. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data penulis menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Adapun analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu menggunakan tiga langkah di antaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pesantren sebagai lembaga yang berkewajiban untuk membimbing santri menjadi manusia yang beriman, tangguh, dan bermoral. Kegiatan yang dilakukan oleh pengasuh dan pengurus Pondok yaitu program pendampingan bagi para santri. Hasil penelitian menunjukkan Implementasi program pembentukan akhlak bagi santri, meliputi: (1) Program pembentukan akhlak yaitu membentuk santri yang bertakwa, memiliki sopan santun dan santri mempunyai jiwa disiplin. (2) Metode yang digunakan dalam pembentukan akhlak yaitu metode pembiasaan, yang meliputi kebijakan dalam keteladanan, kebijakan dalam pembiasaan, kebijakan dalam kedisiplinan, serta mendidik atau menasehati. (3) Proses pembentukan akhlak dilakukan dengan tiga tahapan yang pertama yaitu tahapan awal, pada tahap ini dimulai ketika proses awal pendaftaran para santri. Yang kedua yaitu proses inti dimana pada proses ini dilakukan dengan pembiasaan dan pembentukan kerohanian yang luhur pada diri santri melalui pendidikan. Ketiga yaitu tahapan akhir dimana para santri disini akan dibai’at agar senantiasa berlaku baik serta menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah. (4) Faktor pendukung yaitu adanya kiai, ustadz, dan pegurus pondok pesantren yang berakhlak baik sehingga dapat menjadikan panutan santri. Faktor hambatan keterbatasan tempat, pengaruh lingkungan luar pondok
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembentukan Akhlak, Santri, Pondok Pesantren |
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 03:40 |
Last Modified: | 02 Jun 2022 03:40 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7167 |
Actions (login required)
View Item |