Ulya, Fida Hafidhotul (2022) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas V MI NU Imaduddin Hadiwarno Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (659kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (340kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (270kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (376kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (554kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (306kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (512kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (270kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (332kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa Mata Pelajaran Fiqih kelas V MI NU Imaduddin Hadiwarno Kudus, 2) Faktor pendukung penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa Mata Pelajaran Fiqih kelas V MI NU Imaduddin Hadiwarno Kudus, 3) Faktor penghambat penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa Mata Pelajaran Fiqih kelas V MI NU Imaduddin Hadiwarno Kudus Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reserch). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara kepada kepala sekolah, guru kelas VB, dan peserta didik kelas VB dan melalui dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, penerapan metode demonstrasi pada Mata Pelajaran Fiqih MI NU Imaduddin Hadiwarno Kudus yaitu tahapan awal ialah guru membuat RPP. Tahapan kedua ialah proses penerapan metode demonstrasi. Tahapan ketiga ialah penilaian dengan guru memberikan penugasan pada siswa. Adapun langkah penerapan metode demonstrasi yaitu guru memberikan salam dan sapaan kepada siswa, kemudian guru menyampaikan tujuan pembelajaran, selanjutnya guru menjelaskan materi sedekah kepada siswa, setelah itu guru mempraktikkan materi tersebut di depan kelas, setelah mempraktikkan guru menunjuk salah satu siswa untuk mendemonstrasikan materi yang sudah dijelaskan bersama temannya, setelah siswa mendemonstrasikan guru memberikan kesimpulan atau evaluasi dan memberikan tugas di buku siswa terkait materi sedekah. Metode tersebut dapat mengatasi kemonotonan siswa dan menjadikan siswa aktif dalam pelajaran. Kedua, dalam penerapan metode demonstrasi juga terdapat faktor pendukung yaitu adanya peran guru, peran aktif siswa, sarana dan prasarana. Ketiga, faktor penghambatnya yaitu waktu pelajaran, kemampuan belajar yang belum maksimal, perbedaan karakter peserta didik dan suasana kelas yang tidak kondusif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Pembelajaran Fiqih |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 02:41 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 02:41 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7182 |
Actions (login required)
View Item |