Aidar, M. Hilal (2022) Implementasi Pengajian Kitab Al-Minah As-Saniyah Dalam Membentuk Religiusitas Pada Jama’ah Al-Bahjah Al-Wasail Di Desa Kauman Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (338kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (198kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (661kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (607kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (385kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (841kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (195kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (464kB) |
Abstract
Kitab Al-Minah As-Saniyah merupakan kitab yang mempelajari tentang hal-hal yang harus dilakukan sesorang salik (menempuh jalan spiritual) dalam menjalani tarekat yang mana gaya bahasanya cukup sederhana dan mudah dipahami bagi para pemula, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang Proses Pelaksanaan Pengajian dan menganalisis tentang Implementasi Pengajian Kitab Al-Minah As-Saniyah dan Relevansinya Dalam Membentuk Religiusitas pada Jama’ah Al-Bahjah Al-Wasail, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research atau penelitian lapangan pada Jamaah Al-Bahjah Al-Wasail di Desa Kauman Jekulo Kudus. Subyek penelitiannya yaitu pengampu kitab Al-Minah As-Saniyah dan Jamaah Al-Bahjah Al-Wasail. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teori dari Miles and Huberman yaitu dengan menggunakan tiga langkah diantaranya reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses dalam kegiatan pengajian kitab Al-Minah As-Saniyah pada jamaah Al-Bahjah Al-Wasail ada dua yaitu, perencanaan kegiatan, dan pelaksanaan pembelajaran dalam pengajian yang di dalamnya meliputi pendahuluan (muqodimah), kegiatan inti, penutup. 2) Implementasi kitab Al-Minah As-Saniyah dan relevansinya dalam membentuk religiusitas pada jamaah Al-Bahjah Al-Wasail terdapat 3 dimensi yaitu, religiusitas dimensi keyakinan atau keimanan, religiusitas dimensi pengalaman, dan religiusitas dimensi pengetahuan agama. 3) Faktor pendukung dalam pengajian kitab Al-Minah As-Saniyah ada dua yaitu, kewajiban dalam menuntut ilmu, tersedianya media sosial sebagai media komunikasi serta penambahan wawasan bagi para jamaah akan ilmu agama, sedangkan faktor penghambat dalam pengajian kitab Al-Minah As-Saniyah ada dua yaitu, kurangnya manajemen waktu, dan kurang mengerti serta pemahaman jamaah akan pemaknaan gandul dalam kitab kuning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengajian Kitab Al-Minah as-Saniyah, Membentuk Religiusitas |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 03:04 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 03:04 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7184 |
Actions (login required)
View Item |