Arifah, Nurul (2015) PELAKSANAAN METODE BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (SENTRA DAN LINGKARAN)DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK PADA PENDIDIKAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL DI RA MUSLIMAT NU HIDAYATUL ATHFAL JATI WETAN JATI KUDUS TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, Stain Kudus.
Text
COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan saran utama di dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dalam pendidikan dibutuhkan perencanaan secara matang agar dapat tercapai tujuan pendidikan. Seorang guru harus mampu menggunakan metode yang sesuai dan menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Terkait dengan meningkatkan kemandirian seorang anak usia dini dalam pendidikan nilai-nilai agama dan moral, guru harus mampu menggunakan metode yang sesuai dan menarik untuk siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menganalisis pelaksanaan metode Beyond Center And Circle Time (Sentra dan Lingkaran)dalam meningkatkan kemandirian anak pada pendidikan nilai-nilai agama dan moral; (2)untuk mengetahui problem yang dihadapi dalam pelaksanaan metode Beyond Center And Circle Time (Sentra dan Lingkaran) dalam meningkatkan kemandirian anak pada peendidikan nilai-nilai agama dan moral; (3) untuk menemukan solusi dari problem yang dihadapi dalam pelaksanaan metode Beyond Center And Circle Time (Sentra dan Lingkaran) dalam meningkatkan kemandirian anak pada pendidikan nilai-nilai agama dan moral. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang didasarkan pada pertimbangan bahwa permasalahan yang akan dipecahkan lebih tepat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (penelitian kancah/field research) dilakukan di dalam masyarakat yang sebenarnya untuk menemukan realitas apa yang tengah terjadi mengenai masalah tertentu di RA Muslimat NU Hidayatul Athfal Jati wetan Jati Kudus. Sumber data pada penelitian ini adalah berupa data primer berupa wawancara dan observasi dan data sekunder berupa dokumentasi. Teknik pengumpulan data pada skripsi ini yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada skripsi ini dilakukan dengan cara peningkatan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi, diskusi dengan teman sejawat, mengadakan member check. Data kualitatif dilakuakn secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas sehingga data tersebut dianggap selesai. Analisis data yang dilakukan dengan cara yaitu, pengumpulan data, data reduction, data display, dan data conclusion drawingg atau verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan metode Beyond Center adn Circle Time (Sentra dan Lingkaran)yaitu guru menata posisi duduk siswa dengan posisi melingkar, lalu guru memberikan pijakan-pijakan dan arahan, lalu mengajak siswa ke sentra untuk belajar langsung (2) Problem yang dihadapi dalam pelaksanaan metode Beyond Center and Circle Time (Sentra dan Lingkaran) adalah kurang memadainya sarana prasarana dan kurangnya konsentrasi belajar siswa. (3) adapun solusi dari problem yang dihadapi metode Beyond Center and Circle Time (Sentra dan Lingkaran) dalam meningkatkan kemandirian anak pada pendidikan nilai-nilai agama dan moral mengenai kurang memadainya sarana prasarana dengan memaksimalkan sarana prasarana yang ada, menciptakan media pembelajaran sendiri yang efektif dan sedangkan problem tentang kurangnya konsentrasi belajar siswa dengan melakukan pendekatan serta pemberian keteladanan dan motivasi kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Beyond Center And Circle Time (Sentra dan Lingkaran); Kemandirian anak; Pendidikan nilai-nilai agama dan moral |
Subjects: | 200 Agama Akhlak dan Tasawuf > Akhlak 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 Feb 2017 04:44 |
Last Modified: | 25 Feb 2017 04:44 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/722 |
Actions (login required)
View Item |