Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Menurut Pemikiran Imam Nawawi Al-Bantani dan Syaikh Ahmad Nawawi (Studi Perbandingan dalam Kitab Maraqil Ubudiyah dan Jawahirul Adab)

Wafa, Muhammad Shidqul (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Menurut Pemikiran Imam Nawawi Al-Bantani dan Syaikh Ahmad Nawawi (Studi Perbandingan dalam Kitab Maraqil Ubudiyah dan Jawahirul Adab). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (482kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (740kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (447kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (346kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (491kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Maraqil Ubudiyah karya Imam Nawawi Al-Bantani dan kitab Jawahirul Adab karya Syaikh Ahmad Nawawi, menganalisis persamaan dan perbedaan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Maraqil Ubudiyah karya Imam Nawawi Al-Bantani dan kitab Jawahirul Adab karya Syaikh Ahmad Nawawi serta relevansinya terhadap pendidikan akhlak sekarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Penelitian dilaksanakan dengan mengangkat kitab Maraqil Ubudiyah dan kitab Jawahirul Adab sebagai sumber data primer. Melalui kedua sumber data primer tersebut, peneliti melakukan analisis dengan metode analisis konten (content analysis) terhadap sumber data primer. Hermeneutika digunakan oleh peneliti untuk melakukan penggalian data dengan cara menerjemahkan dan memahami isi dari kitab Maraqil Ubudiyah dan Jawahirul Adab kemudian menganalisis dan menjelaskan isi dan dikuatkan dengan penjelasan dari sumber data sekunder. Dalam kitab Maraqil Ubudiyah ditemukan enam nilai-nilai pendidikan akhlak, yaitu akhlak kepada Allah swt., akhlak guru, akhlak peserta didik, akhlak terhadap orang tua, akhlak terhadap orang yang belum dikenal dan akhlak dalam berteman. Peneliti juga menemukan enam nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Jawahirul Adab, yaitu akhlak dalam menuntut ilmu, akhlak terhadap guru, akhlak terhadap pelajaran, akhlak terhadap Allah swt., akhlak dalam berteman dan akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Persamaan kedua sumber primer tersebut terletak pada butir akhlak kepada Allah swt., akhlak dalam berteman dan akhlak peserta didik terhadap guru. Perbedaan kedua sumber primer terletak pada pembahasan nilai pendidikan akhlak dalam Maraqil Ubudiyah lebih umum daripada Jawahirul Adab serta dalam Maraqil Ubudiyah berisi narasi sedangkan Jawahirul Adab berisi syair bahasa Arab (nadzam). Selain itu terdapat perbedaan dalam konteks pembahasan pendidikan akhlak, diantaranya akhlak guru, akhlak dalam menuntut ilmu, akhlak terhadap orang tua, akhlak terhadap pelajaran, akhlak terhadap orang yang belum dikenal dan akhlak dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Akhlak, Perbandingan, Maraqil Ubudiyah, Jawahirul Adab
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Jun 2022 02:30
Last Modified: 17 Jun 2022 02:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7234

Actions (login required)

View Item View Item