Aulia, Sabila Vitri (2022) Implementasi Metode Pembelajaran Drill pada Mata Pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dalam Memotivasi Belajar Membaca Al-Qur’an Siswa di MA NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (73kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (82kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (213kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (363kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (221kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (266kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (190kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah studi terkait implementasi metode pembelajaran drill pada mata pelajaran baca tulis Al-Quran (BTQ) yang bertujuan untuk memotivasi belajar membaca Al-Qur’an siswa, khususnya kelas Al-Qur’an 3 di MA NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang implementasi atau penerapan metode pembelajaran drill pada mata pelajaran baca tulis Al-Qur’an (BTQ), yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi dalam memotivasi belajar Al-Qur’an siswa di MA NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun pengambilan sampling informan menggunakan nonprobability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 6 orang yaitu Waka Kurikulum, guru mata pelajaran baca tulis Al-Qur’an (BTQ) kelas Al-Qur’an 3, dan 4 siswa kelas Al-Qur’an 3. Adapun tahap pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu data yang telah terkumpul dianalisis dengan teknik analisis data melalui langkah-langkah reduksi data, pemaparan data, kesimpulan, dan verifikasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan dari penerapan metode drill pada mata pelajaran baca tulis Al-Qur’an (BTQ) ini yaitu mulai dari membuat silabus, RPP, materi pembelajaran, serta ditentukan pembagian kelas yang disesuaikan dengan kemamapuan siswanya yaitu mulai dari kelas jilid hingga kelas Al-Qur’an 3. 2) Pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an (BTQ) dilaksanakan setiap hari senin pada jam pelajaran ke-6 dan 7 dengan durasi waktu 35 menit per jam pelajarannya. Penerapan metode drill pada mata pelajaran baca tulis Al-Qur’an (BTQ) untuk memotivasi belajar membaca Al-Qur’an siswa dianggap sangat efektif dan berjalan dengan lancar. Hal ini dapat dibuktikan dengan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an yang dimiliki oleh siswa meningkat, 3) Evaluasi dari penerapan metode drill pada mata pelajaran baca tulis Al-Qur’an (BTQ) yaitu guru harus lebih inovatif dan kreatif dalam menerapkan metode ini, karena ada beberapa kendala yang muncul dari siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an dan malas ikut dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an ini, seperti rasa malas dan bosan dengan materi karena siswa ini tidak dapat menyerap pelajaran dengan baik, kurangnya dukungan dan motivasi dari orang tua dan lingkungan sekitar, dan rasa takut karena kelas yang berbeda dan dicampur dengan kelas X, XI, dan XII. Meski demikian, penerapan metode pembelajaran drill pada materi pelajaran baca tulis Al-Qur’an (BTQ) dalam memotivasi belajar membaca Al-Qur’an siswa sangat efektif. Hal ini dapat dilihat dengan kemampuan membaca dan menulis yang dimiliki oleh siswa meningkat, frekuensi membaca Al-Qur’an siswa bertambah, siswa menjadi lebih sering membaca Al-Qur’an sendiri baik di rumah maupun dimana saja, durasi membaca Al-Qur’an siswa lebih panjang. Dalam sekali membaca sekitar 1 sampai 3 lembar Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Drill, Mata Pelajaran BTQ, Motivasi Belajar Al-Qur’an Siswa |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 02:29 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 02:29 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7302 |
Actions (login required)
View Item |