Penerapan Media Manusia Dan Lingkungan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Kelas V di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Peganjaran Bae Kudus

Rahmawati, Putri (2022) Penerapan Media Manusia Dan Lingkungan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Kelas V di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Peganjaran Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (547kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (351kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (621kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (933kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (830kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (682kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (347kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang efektif dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. media pembelajaran yang dimaksud yaitu media pembelajaran manusia dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan media manusia dan lingkungan untuk meningkatkan motuvasi belajar IPA kelas V di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Peganjaran Bae Kudus. Jenis penelitian ini termasuk experimental reseach dengan desain penelitian pre-exsperimental desaign berbasis intact-group comparison. Lokasi penelitian di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Peganjaran Bae Kudus. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi berperanserta, wawancara, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan yaitu nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive, atau pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 40 peserta didik. Sedangkan sampel yang digunakan hanya 30 peserta didik yang diambil dari populasi dengan pertimbangan peserta didik yang aktif selama pergantian tahun ajaran baru. Sedangkan pengujian hipotesis komparatif dilakukan dengan menggunakan uji paired samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar peserta didik menggunakan media OHP berkategori “sedang” dan motivasi belajar peserta didik menerapkan media manusia dan lingkungan berkategori “tinggi”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak, yang berarti motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA menggunakan media manusia dan lingkungan lebih tinggi dibandingkan media Over Head Proyektor (OHP)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:52
Last Modified: 22 Sep 2022 02:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7307

Actions (login required)

View Item View Item