Zuhdi, Moh Roisul Basyar Ali (2022) Strategi Mempertahankan Loyalitas Konsumen Usaha Pertamini Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Pertamini Superbonus di Kompleks Pasar Brayung Mejobo). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (278kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (634kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (780kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (387kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (498kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (287kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) |
Abstract
Loyalitas konsumen mempunyai peran yang amat penting agar dapat mempertahankan kelangsungan hidup serta meningkatkan kinerja dari setiap usaha. Konsumen yang loyal akan melakukan pembelian berulang secara teratur, mereferensikan kepada orang lain serta tidak tertarik dengan produk pesaing. Pertamini Superbonus merupakan salah satu bisnis penjualan bahan bakar minyak (BBM) yang ada di sekitar Pasar Brayung Mejobo yang menjual produk BBM berjenis Pertalite dan Pertamax. Kelebihan Pertamini Superbonus yaitu selain harganya yang bersaing, adanya bonus yang diberikan jika mencapai jumlah pembelian tertentu juga menjadi sebab lirikan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah memberikan informasi tentang strategi yang di pakai oleh Pertamini Superbonus untuk mempertahankan loyalitas konsumen yang sesuai dengan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad ketika berbisnis. Secara spesifik tujuan yang diinginkan adalah: Pertama, untuk mengetahui tentang strategi usaha Pertamini Superbonus untuk mempertahankan loyalitas konsumen dalam perspektif ekonomi Islam. Kedua, untuk mengetahui apa saja karakteristik konsumen yang loyal pada usaha Pertamini Superbonus. Ketiga, untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pada usaha Pertamini Superbonus dalam mempertahankan loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reaseach) deskriptif dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Sumber data diperoleh melalui data primer (berkaitan dengan subjek penelitian) dan data sekunder (berkaitan literatur yang berhubungan dengan objek penelitian), dengan teknik pengumpulan data baik wawancara (dengan owner, karyawan dan konsumen Pertamini Superbonus), observasi maupun dokumentasi. Kemudian dilakukan uji keabsahan data melalui triagulasi sumber, teknik, dan waktu. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan mereduksi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian ini memperoleh temuan bahwa strategi yang dipakai Pertamini Superbonus dalam mempertahankan loyalitas konsumen yang sesuai dengan ekonomi Islam yaitu; membangun komunikasi, menariki perhatian konsumen, dan pelayanan optimal. Kemudian, karakteristik loyalitas konsumen pada usaha Pertamini Superbonus, antara lain; melakukan transaksi secara teratur, tidak terpengaruh dengan pertamini lain, dan merekomendasikan kepada orang lain. Selanjutnya, faktor pendukung strategi mempertahankan loyalitas konsumen usaha Pertamini Superbonus antara lain; keunggulan produk, keunggulan harga, keunggulan tempat, dan keunggulan promosi/bonus. Sedangkan, faktor penghambatnya adalah kelangkaan bahan bakar dari SPBU pusat, bermunculan pertamini baru, kenaikan harga BBM, dan terjadinya pandemi dan lock down
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Loyalitas Konsumen, Pertamini, Ekonomi Islam |
Subjects: | Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 03:05 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 03:05 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7310 |
Actions (login required)
View Item |