Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Model Cluster Grouping Dalam Mengembangkan Bakat Siswa di PKBM Omah Dongeng Marwah Kudus

Setiorini, Bening Muliani Putri Anis (2022) Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Model Cluster Grouping Dalam Mengembangkan Bakat Siswa di PKBM Omah Dongeng Marwah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (327kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (326kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (386kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (455kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (395kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (560kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (334kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanan layanan bimbingan kelompok melaui model cluster grouping dalam mengembangkan bakat siswa di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Omah Dongeng Marwah Kecamata Bae Kabupaten Kudus, faktor pendukung dan penghambat dari proses layanan bimbingan kelompok melalui model cluster grouping untuk mengembangkan bakat siswa di PKBM Omah Dongeng Marwah Kudus, hasil layanan bimbingan kelompok melaui model cluster grouping dalam mengembangkan bakat siswa di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Omah Dongeng Marwah Kecamata Bae Kabupaten Kudus. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan langsung dilapangan(tempat penelitian) guna menggali data secara lebih mendalam dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan begitu data yang diperoleh dapat dipertanggungjawabkan. Sedangkan sumber data diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru dan siswa PKBM Omah Dongeng Marwah Kudus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Layanan bimbingan kelompok melalui model cluster grouping dalam mengembangkan bakat siswa di PKBM Omah Dongeng Marwah Kudus biasanya dalam satu grup bimbingan terdiri dari lima sampai delapan siswa dan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok melalui model cluster grouping Waktu layanan bimbingan kelompok melalui model cluster grouping untuk persesi berkisar 1-2 jam. Banyaknya sesi layanan bimbingan kelompok melalui model cluster grouping disesuaikan dengan keperluan siswa. Beberapa tahapan-tahapan bimbingan kelompok melalui model cluster grouping dalam mengembangkan bakat siswa diantaranya yaitu tahapan pembentukan,tahapan peralihan, tahapan kegiatan, tahapan pengakhiran. (2) Adapun faktor pendukung layanan bimbingan kelompok melalui model cluster grouping dalam mengembangkan bakat siswa di PKBM Omah Dongeng Marwah Kudus sebagai berikut diantaranya yaitu faktor lingkungan, faktor kepribadian, faktor minat dan motivasi, faktor penilaian. Adapun faktor penghambat layanan bimbingan kelompok melalui model cluster grouping dalam mengembangkan bakat siswa di PKBM Omah Dongeng Marwah Kudus sebagai berikut diantaranya yaitu lingkungan keluarga, fasilitas kurang memadai, jarak rumah siswa ke pkbm, kurangnya perhatian siswa terhadap kemampuan yang dimilikinya. (3) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok melalui model cluster grouping dapat mengembangkan bakat siswa di PKBM Omah Dongeng Marwah Kudus, dapat mengembangkan kemampuan yang unggul yang ada dalam diri siswa baik itu bawaan maupun bentuk latihan dengan berbagai potensi bakat yang dikenali dan dikembangkan dengan baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Model Cluster Grouping, Bakat Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Sep 2022 02:09
Last Modified: 26 Sep 2022 02:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7329

Actions (login required)

View Item View Item