Rifqiyani, Lailatul (2022) Penerapan Metode Bernyanyi Berbantuan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran Bahasa Arab Kelas III Di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (363kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (272kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (583kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (810kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (402kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (596kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (356kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (451kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses penerapan metode bernyanyi berbantuan media pop up book pada pembelajaran Bahasa Arab kelas III di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Bae Kudus. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode bernyanyi berbantuan media pop up book pada pembelajaran Bahasa Arab kelas III di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Bae Kudus. Penelitian ini yaitu bersifat penelitian kualitatif. Penelitian yang dilakukan yaitu penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang dilakukan peneliti yaitu pendekatan etnografi dimana peneliti ikut berpartisipasi selama proses penelitian berlangsung dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui 1) Observasi pembelajaran Bahasa Arab menggunakan metode beryanyi berbantuan media pop up book. 2) Wawancara kepada kepala madrasah mengenai kebijakan penggunaan metode dan media dalam pembelajaran Bahasa Arab, dengan guru Bahasa Arab kelas III mengenai penerapan metode bernyanyi berbantuan media pop up book, 3) Dokumentasi mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), hasil nilai keterampilan membaca dan menulis Bahasa Arab dan hasil tulisan Bahasa Arab peserta didik serta data peserta didik kelas III. Sumber data diperoleh dari kepala madrasah, guru dan peserta didik yang kemudian dilakukan reduksi data mengenai proses pembelajaran metode bernyanyi berbantuan media pop up book, kegiatan membaca dan menulis Bahasa Arab melalui media pop up book. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) penerapan metode bernyanyi berbantuan media pop up book pada pembelajaran Bahasa Arab kelas III, guru mengupayakan agar peserta didik dapat mengingat kosakata Bahasa Arab karena seusia mereka suka dengan nyanyian. Penerapan metode bernyanyi berbantuan media pop up book menjadikan peserta didik bisa membaca dan menulis Bahasa Arab dengan benar dan tepat. Penerapan metode bernyanyi berbantuan media pop up book berhasil untuk membantu peserta didik dalam belajar Bahasa Arab meningkatkan hasil belajar peserta didik. 2) faktor pendukung metode bernyanyi berbantuan media pop up book pada pembelajaran Bahasa Arab yaitu kemampuan guru dalam membuat dan mengaplikasikan metode bernyanyi berbantuan media pop up book, serta antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. faktor penghambat metode bernyanyi berbantuan media pop up book pada pembelajaran Bahasa Arab yaitu lingkup kelas yang besar dan kurang efektif jika diterapkan kepada anak pendiem yang cenderung tidak suka bernyanyi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Bernyanyi, Media Pop Up Book, Pembelajaran Bahasa Arab, Keterampilan Membaca Dan Menulis |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 02:53 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 02:53 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7341 |
Actions (login required)
View Item |