Rosyidah, Laila (2022) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus Di Masa Pandemi. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (324kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (272kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (451kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (660kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (373kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (502kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (365kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (397kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan model pembelajaran Learning Cycle pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus di masa pandemi. 2) Dampak penerapan model pembelajaran Learning Cycle pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus di masa pandemi. 3) Faktor pendukung dan penghambat penerapan model pembelajaran Learning Cycle pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus di masa pandemi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah (a) Sumber data primer meliputi kepala SMP, guru pengajar PAI, peserta didik, lokasi dan kegiatan pembelajaran PAI di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus, (b) Sumber data sekunder meliputi dokumen atau arsip, gambar-gambar atau foto kegiatan pembelajaran PAI, data. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu teknik observasi terlibat, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisi data adalah koleksi data, reduksi, data display, verifikasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Penerapan model pembelajaran Learning Cycle pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus di masa pandemi sangat membantu guru dalam menyampaikan materi secara maksimal kepada siswa apalagi pada saat pandemi ini di mana pembelajaran dilakukan secara daring dan luring. 2) Dampak penerapan model pembelajaran Learning Cycle pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus di masa pandemi membuat siswa lebih aktif dalam memahami materi yang diberikan oleh guru meskipun pembelajaran dilakukan secara daring dan luring karena siswa diajak untuk bisa menerapkan materi pembelajaran di dalam lingkungan masyarakat yang ada pada sekitar peserta didik sehingga peserta didik dapat belajar lebih tentang suatu materi yang telah disampaikan oleh guru dan pembelajaran menjadi lebih bermakna. 3) Faktor pendukung dan penghambat penerapan model pembelajaran Learning Cycle pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus di masa pandemi di antaranya adalah sarana prasarana yang memadai, antusias siswa dan guru menjadi lebih kreatif. Sedangkan faktor yang menghambat di antaranya adalah proses pembelajaran memerlukan adanya praktik yang waktu panjang, adanya perbedaan tingkat kepercayaan diri dan motivasi harus ada pengawasan lebih dari guru, tempat tinggal siswa yang hampir sama menjadikan kesamaan dalam proses penalaran penerapan di kehidupan nyata.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Learning Cycle, Pendidikan Agama Islam (PAI), Masa Pandemi |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 07:57 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 07:57 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7353 |
Actions (login required)
View Item |