Pengembangan media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash pada Materi Sudut Yang diintegrasikan dengan nilai keislaman

layyin, Siti Nurul Mulkhil (2022) Pengembangan media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash pada Materi Sudut Yang diintegrasikan dengan nilai keislaman. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (247kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (564kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (749kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (528kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu pelajaran yang sangat ditakuti oleh sebagian besar para pelajar di Indonesia, mulai dari siswi Taman Kanak-kanak sampai para mahasiswa, mereka merasa belajar matematika merupakan kegiatan yang membosankan. Oleh karena itu, untuk menarik perhatian agar semangat belajar matematika para pelajar dan membantu proses belajar belajar matematika menjadi lebih efektif serta bisa memberikan tambahan pengetahuan mengenai hubungan matematika dengan nilai keislaman, khususnya materi sudut yang banyak integrasinya dengan nilai keislaman, sehingga perlu adanya media pembelajaran yang bersifat audio visual, salah satu contohnya yaitu media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Adobe Flash. Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui bagaimana cara mengembangkan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Materi Sudut Terintegrasi Nilai Keislaman. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D Thiagarajan yaitu tahap Pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (dessiminate). Menganalisis kelayakan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Materi Sudut Yang Terintegrasi Nilai Keislaman.Data pada penelitian ini dihasilkan dari hasil validasi ahli media dan ahli materi serta respon peserta didik yang dilakukan dengan cara ujicoba kelas kecil sebanyak 10 siswa dan ujicoba kelas besar sebanyak 32 siswa kelas VII MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus. Adapun hasil penelitian dari ahli media satu mendapat skor ideal sebesar 81,2% . Sedangkan, ahli materi tentang sudut mendapat skor ideal sebesar 80,67% . Untuk ahli materi tentang nilai keislaman mendapat skor ideal keseluruhan 84% dengan kategori sangat baik/ sangat layak . Kemudian pada uji coba kelas kecil mendapat skor ideal keseluruhan sebesar 84%. dan nilai keseluruhan uji coba kelas besar 77%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif berbasis adobe flash pada materi sudut terintegrasi nilai keislaman dinyatakan layak untuk menunjang proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Adobe Flash, Nilai Keislaman
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Sep 2022 02:39
Last Modified: 28 Sep 2022 02:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7368

Actions (login required)

View Item View Item