Analisis Tanggung Jawab Perusahaan Jasa Ekspedisi Perspektif Fikih Muamalah (Studi Kasus Mitra Ninja Xpress Cabang Damaran Kudus)

A'yuni, Qurrotul (2022) Analisis Tanggung Jawab Perusahaan Jasa Ekspedisi Perspektif Fikih Muamalah (Studi Kasus Mitra Ninja Xpress Cabang Damaran Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (588kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (232kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (577kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (760kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (490kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (941kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab perusahaan jasa ekspedisi Ninja Xpress saat terjadi wanprestasi dalam hal kehilangan atau kerusakan pada barang saat proses pengiriman barang dan untuk mengetahui perpektif fikih muamalah terhadap tanggung jawab yang dilakukan oleh Ninja Xpress saat terjadi wanprestasi dalam hal kehilangan atau kerusakan barang. Dengan mengkaji menggunakan salah satu akad dalam fikih muamalah yaitu akad ijārah bi al-‘amāl. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), penelitian lapangan (field reserch) merupakan metode yang mempelajari fenomena dalam suatu lingkungan secara langsung. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam pendekatan kualitatif menekankan pada makna, penalaran, definisi suatu peristiwa atau situasi tertentu pada objek yang diteliti. Teknik prngumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan perspektif fikih muamalah. Hasil penelitian menunjukan bahwa tanggung jawab yang dilakukan oleh Ninja Xpress saat terjadi wanprestasi dengan dua cara yaitu dengan mencegah terjadinya wanprestasi dan tanggung jawab menganti rugi saat terjadi wanprestasi. Tanggung jawab untuk mencegah terjadinya wanprestasi dilakukan dengan memperhatikan packing, menawarkan asuransi dan memberikan nomer resi dengankan tanggung jawab saat terjadi wanprestasi yaitu dengan mengganti rugi sebesar 10 kali biaya pengiriman atau maksimal senilai Rp. 1.000.000 apabila tidak diasuransikan. Dalam perspektif fikih muamalah tanggung jawab yang dilakukan oleh Ninja Xpress saat terjadi wanprestasi yang menganti rugi sebesar 10 kali biaya pengiriman apabila tidak diasuransikan belum sesuai dengan akad ijārah bi al-‘amāl. Sebab dalam ijārah bi al-‘amāl ganti rugi harus sesuai dengan nilai barang yang hilang atau rusak. Dan karena asuransi hanya ditawarkan pada konsumen selain penjual di e-commerce.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab, Jasa Ekspedisi, Wanprestasi, Fikih Muamalah
Subjects: Fiqih, Hukum Islam
Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat > Jual Beli
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:04
Last Modified: 03 Oct 2022 03:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7392

Actions (login required)

View Item View Item