Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Di Madrasah Aliyah Nu Al-hidayah Getasrabi Gebog Kudus

Candrawati, Linda Wahyu (2022) Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Di Madrasah Aliyah Nu Al-hidayah Getasrabi Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (918kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (502kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (467kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (335kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (726kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan diawal, ditemukan masalah bahwa guru dan siswa di MA NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus sudah menerapkan strategi guru PAI dengan baik teteapi kurang optimal dalam menanamkan nilai-nilai akhlak dengan siswa karena itu dengan bertujuan guru PAI dapat menanamkan nilai-nilai akhlak yang baik terhadap siswa dan keberhasilan pembinaan dalam penanaman nilai-nilai akhlak kerena dengan adanya strategi maka suatu tujuan yang telah direncanakan akan mencapai hasil yang dinginkan dalam menanamkan nilai-nilai akhlak pada diri siswa masing-masing. Jenis penelitian ini yaitu dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengambilan data menggunaka teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumberdata yang digunakan yaitu terdiri dari dua bagian. Pertama, sumber data primer meliputi kepala madrasah, waka kurikulum, guru mata pelajaran Aqidah Akhlak, dan siswa di kelas X MA NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus. Kedua, sumber sekunder diperoleh dari kepustakaan melalui jurnal dan buku-buku, dan dokumentasi dari Tenaga Usaha MA NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus. Hasil Penelitian ini Strategi guru PAI dalam menanamkan akhlak-akhlak yang baik yang pertama dengan strategi guru PAI dalam menerapkan nilai-nilai akhlak yang baik diantaranya Penanaman melalui pembelajaran di dalam kelas dengan strategi keteladanan, Strategi Pembiasaan, Strategi Memberi Nasihat. Dan Pembelajaran di luar kelas 1)dengan membiasakan untuk 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun) 2) Rutinitas melaksankan sholat dhuhur berjamaah. 3) Rutinitas kegiatan kerja bakti yang mana bisa melatih siswa untuk menjaga kebersihan lingkungan penanaman akhlak. Strategi yang kedua Pembinaan akhlak antara guru dan siswa lewat implementasi kedisiplinan dan Memberikan nasehat. Strategi yang ketiga keterbukaan, empati, dan rasa positif. Hasil penelitian yang kedua Faktor pendukung dalam menerapkan strategi guru pai dalam menanamkan nilai-nilai akhlak yang baik itu dari visi misi sekolahan yang sangat berperan penting, dan faktor penghambat antara lain: Keterbatasan Waktu yang ada, Latar belakang siswa yang berbeda-beda dalam menanamkan akhlak yang baik dalam hati, Kurang adanya keseimbangan antara lingkungan masayarakat, keluarga dan sekolah yang terimplementasikan, Keadaaan siswa yang bervariasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Oct 2022 04:45
Last Modified: 04 Oct 2022 04:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7406

Actions (login required)

View Item View Item