IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERMUATAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS RIYADLOTUL ULUM KUNIR DEMPET DEMAK TAHUN 2015/2016

Najib, Aenun (2016) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERMUATAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS RIYADLOTUL ULUM KUNIR DEMPET DEMAK TAHUN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
FILE 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FILE 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 6.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 7.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 8.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 9.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini (a) Untuk mengetahui implementasi strategi pembelajaran Quantum Learning bermuatan karakter pada sejarah kebudayaan Islam di MTs Riyadlotul ulum Kunir tahun pelajaran 2015/2016. (b) Untuk mengetahui faktor yang pendukung dan penghambat implementasi strategi pembelajaran Quantum Learning bermuatan karakter pada sejarah kebudayaan Islam di MTs Riyadlotul ulum Kunir tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dimana penelitian ini dilakukan dengan mengguanakan metode naturalistik. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi yang diperoleh dari responden yang terkait dengan penelitian dan analisis datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah implementasi strategi pembelajaran Quantum Learning bermuatan karakter ini harus memenuhi beberapa aspek seperti : Menguasai perangkat pembelajaran, menyusun rencana pengajaran, pemilihan metode pembelajaran, sarana dan alat pendidikan yang tepat. Adapun langkah- langkah guru dalam implementasi strategi pembelajaran Quantum Learning bermuatan karakter ini adalah sebagai berikut: guru memberikan materi, guru memberikan pertayaan, guru menunjuk sebagian peserta didik, guru memberi penguatan. Berdasarkan penerapan aspek-aspek dan langkah-langkah diatas dapat disimpulkan bahwa implementasi strategi pembelajaran Quantum Learning bermuatan karakter pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sudah baik, karena sudah sesuai dengan teori yang sudah diatas, dan telah dilaksanakan semaksimal mungkin untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Faktor-faktor pendukung Implementasi strategi pembelajran Quantum Learning bermuatan karakter yaitu peran aktif peserta didik, kompetensi guru, rasa ingin tahu yang tinggi dari peserta didik, serta sarana dan sarana yang mendukung implementasi tersebut, dan yang paling utama adalah dukungan dari kepala Madrasah. Sedangkan hambatan Implementasi strategi pembelajaran Quantum Learning bermuatan karakter yaitu tingkat kemampuan peserta didik yang berbeda-beda, sehingga guru harus pandai-pandai menyesuaikan keadaan tersebut agar implementasinya berhasil, keterbatasan jam mata pelajaran yang ada, karena strategi pembelajaran quantum learning bermuatan karakter ini merupakan sebuah proses dan membutuhkan waktu untuk dapat mempengaruhi cara berfikir peserta didik. Kata kunci :Strategi Pembelajaran Quantum Learning Bermuatan Karakter , faktor pendukung dan penghambat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Quantum Learning Bermuatan Karakter ; faktor pendukung dan penghambat
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Amd Yuyun Yuyun
Date Deposited: 27 Feb 2017 08:14
Last Modified: 27 Feb 2017 08:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/741

Actions (login required)

View Item View Item