Pengaruh Pembelajaran Daring dengan Bantuan Media Google Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XII IPA SMA Negeri 2 Bae Kudus

Sabila, Siti (2022) Pengaruh Pembelajaran Daring dengan Bantuan Media Google Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XII IPA SMA Negeri 2 Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (289kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (629kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (816kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (886kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (683kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (273kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (471kB)

Abstract

Pembelajaran dalam jaringan (Daring) menjadi salah satu alternatif dalam membantu proses pembelajaran pada era industri 4.0 dan di masa pandemi covid-19. Salah satu platform online Google Classroom yang memiliki beberapa fitur menarik dapat diintegrasikan dengan interaktif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Beberapa tujuan yang dimiliki pada penelitian ini, diantaranya: 1) Mengetahui penerapan pembelajaran daring dengan bantuan Google Classroom pada materi pertumbuhan dan perkembangan XII MIPA SMA 2 Bae Kudus 2) Mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XII IPA pada materi pertumbuhan dan perkembangan kelas XII MIPA SMA 2 Bae Kudus. 3) Mengetahui pengaruh dari pembelajaran daring dengan penerapan media pembelajaran Google Classroom terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi biologi kelas XII SMA 2 Bae Kudus. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan memberikan sebuah treatment untuk mengetahui pengaruh media Google Classroom terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini, yaitu pendekatan kuantitatif dengan data berupa angka-angka dan analisis statistik. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Bae Kudus kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2 dengan mata pelajaran Biologi. Sampel penelitian diperoleh melalui Teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa tes essay dan angket, sedangkan non tes menggunakan Teknik dokumentasi. Teknik uji hipotesis menggunakan rumus uji independent sample t-test. Hasil uji hipotesis diperoleh dengan nilai sign-2 Tailed. 0,008 < 0,05, maka H0 diterima yang berarti terdapat pengaruh dari penerapan media google classroom terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 2 Bae Kudus pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Google Classroom, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains dan Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:24
Last Modified: 06 Oct 2022 03:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7436

Actions (login required)

View Item View Item