Pengembangan Life Skill Santri Guna Menghadapi Era Globalisasi di Pondok Pesantren Al-Irsyad Japan Dawe Kudus

Aziza, Riza (2022) Pengembangan Life Skill Santri Guna Menghadapi Era Globalisasi di Pondok Pesantren Al-Irsyad Japan Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (100kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (194kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (123kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (252kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)

Abstract

Penelitian ini terkait dengan pengembangan life skill yang bertujuan untuk membekali para santri agar mandiri, cakap dan terampil sebagai bekal menghadapi derasnya arus globalisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan mengetahui secara lebih mendalam tentang pengembangan life skill santri yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Irsyad Japan Dawe Kudus . Ditambah fakta bahwa sebagian besar santri adalah anak yatim maupun anak dari keluarga kurang mampu, menjadikan kegiatan pengembangan life sill santri penting untuk dilakukan. Fokus penelitian pengembangan life skill santri ini adalah: (1) program-program pengembangan life skill, (2) strategi pengembangan life skill, dan (3) dampak pengembangan life skill. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini ada 4 informan yaitu pengasuh pondok pesantren, pembina pondok pesantren, ketua pondok dan santri. Selanjutnya dilakukan pengumpulan data melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian di analisis dengan cara melakukan reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi data. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa pengembangan life skill santri di Pondok Pesantren Al-Irsyad Japan Dawe Kudus yaitu: (1). Program-program pengembangan life skill santri diselenggarakan dalam tiga aspek yaitu: dimensi vocational skill, dimensi social skill, dan dimensi personal skill. (2). Strategi pengembangan life skill santri di Pondok Pesantren Al-Irsyad yaitu menggunakan strategi learned centred dan pendidikan ekstrakulikuler (3). Dampak pengembangan life skill santri di Pondok Pesantren Al-Irsyad yaitu di bidang kecakapan vokasional (keterampilan di bidang perkebunan, peternakan, perbengkelan, perindustrian, percetakan), dampak untuk kecakapan sosial (menambah relasi dan hubungan baik antar santri maupun santri dengan masyarakat), dampak untuk kecakapan personal (meningkatkan kepercayaan diri dan yakin akan potensi yang dimilikinya).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Life Skill, Era Globalisasi
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Oct 2022 03:55
Last Modified: 07 Oct 2022 03:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7460

Actions (login required)

View Item View Item