Peran Pembelajaran Praktik Ubudiyyah Dalam Meningkatkan Implementasi Ilmu Fiqih Pondok Pesantren Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus

Ma’ruf, Ali (2022) Peran Pembelajaran Praktik Ubudiyyah Dalam Meningkatkan Implementasi Ilmu Fiqih Pondok Pesantren Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (714kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (258kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (358kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (479kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (358kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (771kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)

Abstract

Praktik Ubudiyyah merupakan kegiatan untuk melaksanakan perintah-perintah Allah dan merasa hina serta tunduk dihadapan Allah SWT. Pada masa sekarang pelajar-pelajar dihadapkan dengan zaman serba canggih ini sehingga terlena dengan masalah duniawi sehingga terkadang lalai dengan ibadah dan juga ibadah alakadarnya. Maka dengan itu, pelajar-pelajar ketika beribadah kepada Allah SWT tidak dengan hati yang tulus dan beribadah sebisanya atau bagaimana ketika mereka melihat orang lain melaksanakannya. Sehingga santri atau pelajar yang sedang beribadah tidak memperhatikan kualitas atau baik buruknya ibadah mereka, hal ini dimungkinkan penyebab utamanya adalah kurangnya pemantauan dan pengajaran mengenai ibadah dari santri atau pelajar. Metode yang sesuai untuk pengajaran pembelajaran ibadah adalah dengan cara praktik langsung didampingi oleh guru atau ustadz. Dengan pendampingan yang intens akan membuat santri lebih teratur dalam melaksanakan ibadah kepada tuhan yang maha Esa. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah perencanaan dan pelaksanaan dan hasil pembelajaran praktik ubudiyyah untuk meningkatkan penguasaan ilmu fikih melalui kitab bulughul marom yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini terdiri sumber data primer yaitu penelitian lapangan dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi. dan sumber data sekunder yang meliputi buku-buku, data internet dan sumber dari penelitian terdahulu untuk melengkapi dan memperkuat data penelitian. Setelah pengumpulan data dengan menentukan subjek penelitian dengan metode wawancara & dokumentasi lingkungan pondok memfokuskan pada perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar praktik ubudiyyah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Mengetahui perencanaan dari praktik ibadah yang dilakukan santri di Ponpes Al Hidayah (2) Mengetahui bentuk-bentuk kegiatan praktik ubudiyyah yang dilakukan oleh para santri di Ponpes Al Hidayah (3) Mengetahui hasil sebelum dan sesudah diterapkannya pembelajaran praktik ubudiyyah melalui kitab bulughul marom.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Praktik Ubudiyyah, Ilmu fiqih, Pondok Pesantren.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Oct 2022 01:59
Last Modified: 11 Oct 2022 01:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7472

Actions (login required)

View Item View Item