Rizkiya, Achlis (2022) Pengaruh Lingkungan Keluarga tehadap Kedisiplinan Siswa di MI Miftahussalam 1 Wonosalam Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (200kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (169kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (253kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (552kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (473kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (643kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (262kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara Lingkungan Keluarga tehadap Kedisiplinan Siswa di MI Miftahussalam 1 Wonosalam Demak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), sedangkan pendekatan yang dipakai pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Angket (kuesioner) merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V dan VI di MI Miftahussalam 1 Wonosalam Demak, sedangkan sampel yang digunakan yaitu seluruh anggota populasi yang totalnya 71 peserta didik. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, statistik deskriptif, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Lingkungan Keluarga terhadap Kedisiplinan Siswa di MI Miftahussalam 1 Wonosalam Demak. Hal ini bisa dipandang dari nilai Fhitung yang diperoleh lebih besar dari Ftabel yaitu sebesar 96,307 > 3,98. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa hipotesis yang berbunyi tedapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga tehadap kedisiplinan siswa diterima. Artinya, lingkungan keluarga bepengaruh secara signifikan tehadap kedisiplinan siswa di MI Miftahussalam 1 Wonosalam Demak. Adapun nilai koefisien deteminasi (R2) diperoleh sebesar 0,583. Hal ini menunjukkan jika 58,3% kedisiplinan siswa dipengaruhi oleh lingkungan keluarga. Jadi dapat disimpulkan jika Lingkungan Keluarga memberikan kontribusi terhadap Kedisiplinan Siswa kelas V dan VI MI Miftahussalam 1 Wonosalam Demak sebesar 58,3%, dan sisanya 41,7% ditetapkan oleh faktor lain yang tidak dipaparkan pada penelitian ini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Keluarga, Kedisiplinan Siswa |
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 02:28 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 02:28 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7482 |
Actions (login required)
View Item |