Dampak Menonton Film Upin Ipin Pada Pembentukan Karakter Islami di TKIT Permata Bunda Desa Sumberjo Rembang

Ulfa, Lutfiana (2022) Dampak Menonton Film Upin Ipin Pada Pembentukan Karakter Islami di TKIT Permata Bunda Desa Sumberjo Rembang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (466kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (521kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (967kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (529kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (992kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (474kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (488kB)

Abstract

Penelitian bertujuan: 1. Mendeskripsikan tayangan film Upin Ipin seri Ramadhan dalam pembentukan karakter islami siswa TKIT Permata Bunda Sumberjo Rembang. 2. Mendeskripsikan program pembentukan karakter islami anak didik TKIT Permata Bunda Sumberjo Rembang. 3. Mendeskripsikan dampak menonton tayangan film Upin Ipin pada pembentukan karakter islami siswa TKIT Permata Bunda Sumberjo Rembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pengamatan obsevasi, wawancara dan dokumentasi bersama kepala sekolah dan guru dari TKIT Permata Bunda Rembang. Uji keabsahan data penelitian yaitu menggunakan uji kredibilitas data dengan melakukan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Analisis data menggunakan Analisis deskriptif kualitatif melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Tayangan film Upin Ipin seri ramadhan ialah suatu tayangan film animasi yang berisi tentang keluarga yang melakukan ibadah puasa. Film ini dianggap memiliki nilai positif dalam Pembentukan karakter islami anak didik TKIT Permata Bunda Sumberjo Rembang. 2) Program pembentukan karakter islami anak didik TKIT Permata Bunda Rembang dilakukan dengan berbagai cara program sekolah melalui pembiasaan terdiri 9 jenis karakter, dengan metode kualitatif dan melalui berbagai media diantaranya menonton tayangan film Upin Ipin pada pembentukan karakter anak didik TKIT Permata Bunda Rembang . 3) Dampak menonton tayangan film Upin Ipin pada pembentukan islami anak didik TKIT Permata Bunda Rembang, yaitu a) anak didik dapat melakukan doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan sehari-hari; b)yang ditimbulkan setelah menonton film Upin Ipin siswa di TKIT Permata Bunda Sumberjo Rembang anak sangat antusias dalam menonton Upin Ipin dalam pembentukan karakter islami. Dampak positif : anak dapat melakuakan pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, lebih mendengarkan perkataan dari orang tua. Dampak negatif : Anak menirukan bahasa dari negara lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dampak, Film Upin Ipin, Karakter Islami
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:46
Last Modified: 12 Oct 2022 01:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7492

Actions (login required)

View Item View Item