Implementasi Program BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) Dalam Mengembangkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Al-Qur’an Siswa Kelas VIII Di MTs NU Sabilul Muttaqin Jepang Mejobo Kudus

Rahmawati, Lusi (2022) Implementasi Program BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) Dalam Mengembangkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Al-Qur’an Siswa Kelas VIII Di MTs NU Sabilul Muttaqin Jepang Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (347kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (775kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (342kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) dalam mengembangkan keterampilan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs NU Sabilul Muttaqin Jepang Mejobo Kudus. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan program Baca Tulis Al-Qur’an di MTs NU Sabilul Muttaqin Jepang Mejobo Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek utama penelitian ini adalah kepala Madrasah, guru pendamping BTQ sekaligus wali kelas VIII A dan VIII B, siswa kelas VIII A dan VIII B MTs NU Sabilul Muttaqin Jepang Mejobo Kudus. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Bagaimana implementasi program Baca Tulis Al-Qur’an dalam mengembangkan keterampilan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs NU Sabilul Muttaqin Jepang Mejobo Kudus. Proses dalam kegiatan baca tulis Al-Qur’an dimulai dari perencanaan program BTQ yaitu dengan mengadakan musyawarah, hasil musyawarah disampaikan kepada wali murid, tahap selanjutnya yaitu pembentukan kepengurusan, penjadwalan, teknis pelaksanaan dan evaluasi program. Pada pelaksanaannya menerapkan metode Qira’ati menggunakan teknik sorogan atau individual, klasikal-individual dan klasikal baca simak. Evaluasi dilakukan setiap selesai satu jilid. 2) Bagaiamana faktor pendukung dan penghambat penerapan program Baca Tulis Al-Qur’an di MTs NU Sabilul Muttaqin Jepang Mejobo Kudus. Faktor yang mendukung program BTQ yaitu guru yang memiliki semangat tinggi untuk mengajar siswa, evaluasi hasil pembelajaran, faktor lingkungan, serta fasilitas yang memadai. Selain faktor pendukung terdapat faktor penghambat yaitu keterbatasan waktu, masih ada siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an, masih ada siswa datang terlambat, evaluasi pembelajaran, siswa kurang disiplin (seperti siswa yang kurang disiplin dalam membawa jilid atau Al-Qur’an serta buku prestasi)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan Membaca, Program BTQ
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Ilmu-Ilmu Al-Qur`an > Ilmu Qiraat
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:47
Last Modified: 12 Oct 2022 01:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7493

Actions (login required)

View Item View Item