Maknunah, Lu’luatul (2022) Penerapan Pendidikan Demokratis di RA Tarbiyatul Islamiyah Desa Lengkong Kecamatan Batangan Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (332kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (281kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (490kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (899kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (373kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (732kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (279kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (339kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan tindak lanjut dari perlakuan Pendidikan Demokratis yang dilakukan guru pada siswa di RA Tarbiyatul Islamiyah Desa Lengkong Kecamatan Batangan Kabupaten Pati yang dianggap memiliki dampak positif bagi perkembangan anak didik. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan Pendidikan Demokratis di RA Tarbiyatul Islamiyah Desa Lengkong Kecamatan Batangan Kabupaten Pati pada Tahun Pelajaran 2021/2022; 2) mendeskripsikan keunggulan dan kekurangan pelaksanaan Pendidikan Demokratis di RA Tarbiyatul Islamiyah Desa Lengkong Kecamatan Batangan Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang mana berupa kata-kata tertulis, seluruh data dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan guna menghasilkan data tentang penerapan pendidikan demokratis di RA Tarbiyatul Islamiyah Desa Lengkong Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B Raden Syahid, guru kelas kelompok B Raden Syahid, dan kepala RA Tarbiyatul Islamiyah Desa Lengkong Kecamatan Batangan Kabupaten Pati pada Tahun Pelajaran 2021/2022. Data-data tentang penerapan Pendidikan Demokratis di RA Tarbiyatul Islamiyah Desa Lengkong Kecamatan Batangan Kabupaten Pati ini dikumpulkan dengan teknik indepth interview semi terstruktur, observasi partisipan, serta dokumentasi. Setelah data-data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan model dari Miles and Huberman yakni collection data, data reduction, data display, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pendidikan demokratis di RA Tarbiyatul Islamiyah Desa Lengkong Kecamatan Batangan Kabupaten Pati Tahun Peajaran 2021/2022 adalah melalui: (a) kegiatan pembiasaan, yakni meliputi kegiatan pembiasaan memimpin barisan, kegiatan pembiasaan berdiskusi, kegiatan pembiasan meminta izin sebelum berpendapat, dan penyelesaian masalah; (b) metode pembelajaran; (c) evaluasi; 2) keunggulan dari diterapkannya pendidikan pendidikan demokratis di RA Tarbiyatul Islamiyah Desa Lengkong Kecamatan Batangan Kabupaten Pati antara lain: (a) anak memiliki sikap lebih percaya diri dalam menghadapi masalah yang dihadapinya, (b) anak memiliki sikap toleransi yang tinggi, dan (c) pembelajaran aktif dan menenangkan. Sedangkan kekurangannya adalah: (a) karakteristik anak yang masih lemah sehingga membutuhkan role model dari orang dewasa, dan (b) faktor pola asuh orangtua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Demokratis, AUD |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 02:02 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 02:02 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7517 |
Actions (login required)
View Item |