Implementasi Metode Bercerita Kisah Nabi Dengan Media Audiovisual Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini di TK IT Darussalam Krasak Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022

Nisrochah, Nisrochah (2022) Implementasi Metode Bercerita Kisah Nabi Dengan Media Audiovisual Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini di TK IT Darussalam Krasak Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (454kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (371kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (694kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (634kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (518kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (726kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (372kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (581kB)

Abstract

Penelitian menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitiannya adalah anak kelas A TK IT Darussalam Krasak Pecangaan Jepara, teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu yang pertama dengan reduksi data (merangkum) guna mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai pelaksanaan metode bercerita kisah nabi dengan media audiovisual, kedua dengan penyajian data (data display) berupa uraian singkat serta penjelasan yang berkaitan dengan pernyataan seputar analisis implementasi metode bercerita kisah nabi dengan media audiovisual, ketiga verifikasi data (data verification) data dirangkum dan diringkas dengan melihat keseluruhan proses kegiatan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi metode bercerita kisah nabi dengan media audiovisual dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia dini, yaitu: 1) Media yang digunakan di TK IT Darussalam Krasak Pecangaan Jepara yaitu media audiovisual. Sedangkan metode yang digunakan di TK IT Darussalam Krasak Pecangaan Jepara metode bercerita kisah nabi. 2) Kemampuan berbicara anak usia dini TK IT Darussalam Krasak Pecangaan Jepara. 3). Implementasi bila diaplikasikan dalam dunia pendidikan berarti penerapan aktivitas pembelajaran yang di rencanakan ataupun diprogram di suatu lembaga pendidikan untuk menggapai suatu tujuan. Penerapan pembelajaran untuk anak usai dini difokuskan pada bermain. Guru anak usia dini dituntut untuk kreatif serta sanggup berinovasi meningkatkan tiap modul yang hendak diajarkan kepada anak. Metode yang diterapkan dalam riset ini ialah metode bercerita kisah nabi dengan media audiovisual yang sangat efisien untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Guru berfungsi selaku obyek dalam proses pembelajaran, yang berperan selaku fasilitator yang berupaya menghasilkan keadaan pembelajaran yang efisien serta mengasyikkan. Dengan menerapkan metode bercerita kisah nabi dengan media audiovisual dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak umur dini kelompok A TK IT Darussalam Krasak Pecangaan Jepara dapat berkembang secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita Kisah Nabi, Media Audio Visual, Kemampuan berbicara
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Oct 2022 03:23
Last Modified: 14 Oct 2022 03:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7540

Actions (login required)

View Item View Item