Pengaruh Metode Ice Breaking dan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas IV di MI Matholiul Ulum Bangsri Jepara

Akmalia, Harisatul (2022) Pengaruh Metode Ice Breaking dan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas IV di MI Matholiul Ulum Bangsri Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (571kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (410kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (737kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (446kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (627kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (220kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (584kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan umtuk mendeskripsikan: 1) Mengetahui penerapan metode ice braking melalui media poster terhadap hasil belajar di MI Matholiul ulum bangsri. 2) Mengetahui pengaruh penggunaan metode ice braking melalui media poster terhadap hasil belajar di MI Matholiul Ulum bangsri jepara. 3) Mengetahui hasil penerapan metode ice breaking terhadap hasil belajar di MI Matholiul Ulum bangsri jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan pendekatan deskripstif melalui observasi dan pengamatan di MI Matholiul ulum bangsri jepara. Data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisi data peneliti menggunakan prasyarat uji normalitas, homogenitas, dan lineritas. Selanjutnya peneliti menganalisis menggunakan uji regresi, uji kolerasi, Uji Y, uji statistik deskriptif, dan N-Gain (peningkatan). Berdasarkan hasil penelitian , dapat disimpulkan bahwa: 1) Pengaruh penggunaan metode ice breaking di MI Matholiul Ulum Bangsri Jepara hasil belajar siswa pada kedua kelas menunjukkan hasil 0,828. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa diberikan sebuah metode pembelajaran dan media pembelajaran untuk membantu pemahaman siswa. Dalam metode ice breaking sangat diperlukan pembelajaran untuk mencairkan ketegangan dan menarik perhatian siswa. Ice breaking dalam proses pembelajaran dapat membuat suasana menjadi tidak membosankan, ceria, dan bersemangat. 2) Pengaruh media poster terhadap hasil belajar di MI Matholiul Ulum Bangsri Jepara Hasil belajar siswa pada kedua kelas menunjukkan hasil belajar 0,671. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa saat diberikan media pembelajaran poster atau gambar dalam pembelajaran dapat membantu pemahaman siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. 3) Pengaruh metode ice breaking dan media poster pada hasil belajar siswa mengalami kenaikkan yang cukup signifikan. Hasil dari kedua metode tersebut adalah sebesar 0, 883. Dari kedua metode ice breaking dan media poster sangat berpengaruh terhadap pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MI Mtaholiul ulum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ice Breaking, Poster, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:23
Last Modified: 17 Oct 2022 02:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7563

Actions (login required)

View Item View Item