IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BACA AL-QUR’AN SATU MAKRA’ DI SMA 1 BAE KUDUS TAHUN AKADEMIK 2015/2016

Sulthoni, Fuad (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BACA AL-QUR’AN SATU MAKRA’ DI SMA 1 BAE KUDUS TAHUN AKADEMIK 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pertama, pembelajaran baca al- Qur’an satu makra’ di SMA 1 Bae Kudus tahun akademik 2015/2016, kedua, Strategi yang digunakan dalam pembelajaran baca al-Qur’an satu makra’ di SMA 1 Bae Kudus tahun akademik 2015/2016; dan ketiga, hambatan dan solusi yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran baca Qur'an satu makra’ di SMA 1 Bae Kudus tahun akademik 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian ini adalah Kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah. Jenis field reseach. Field research yaitu suatu penelitian di mana peneliti langsung terjun ke lapangan untuk mencari dan mengumpulkan data. Adapun teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi di SMA 1 Bae Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, tujuan pembelajaran baca al-Qur’an satu makra’ di SMA 1 Bae Kudus adalah agar siswa/i bisa membaca al- Qur’an secara tartil, dari segi bacaan, makhrajul huruf, dan tajwidnya, baik dari aspek pengetahuan, pelaksanaan dan pembiasaan; kedua, strategi pembelajaran baca al-qur’an satu makra’ di SMA 1 Bae Kudus mengacu pada pembelajaran tetapi hanya tambahan saja, dan tidak masuk pada jam pelajaran serta tidak masuk pada RPP, kedua membaca dengan keras, jika salah guru membenarkannya. Dengan model per ayat di baca oleh siswa secara bergantian; dan ketiga, Penghambat dalam pembelajaran baca al-Qur’an satu makra’ di SMA 1 Bae Kudus, yaitu kebanyakan siswa/i SMA Bae Kudus lulusan SD-SMP, kurangnya ngaji pada madrasah pendidikan Islam, dan banyak siswa/i yang masih suka bermain dengan Hp, gadget, PC, dan lain-lain, sedangkan solusinya adalah guru mengajarkan dan memberi motivasi tentang pentingnya al-Qur’an dalam kehidupan manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Mar 2017 03:08
Last Modified: 04 Mar 2017 03:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/760

Actions (login required)

View Item View Item