Pengajian Tafsir Shofwah At-Tafâsîr di Majelis Ta’lim Riyadlus Sholihin Kenepan Kudus

Huda, Mohammad Nurul (2022) Pengajian Tafsir Shofwah At-Tafâsîr di Majelis Ta’lim Riyadlus Sholihin Kenepan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (397kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (220kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (716kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (141kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Proses pelaksanaan pengajian,metode penyampaian materi dan metode penafsiran di Majelis Ta’lim Riyadlus Sholihin Kenepan Kudus. (2) Faktor yang mempengaruhi KH Abdullah Aniq Ali memilih kitab Tafsir Shofwah At-Tafâsîr sebagai bahan kajian tafsir di Majelis Ta’lim Riyadlus Sholihin Kenepan Kudus (3) Antusiasme jamaah pengajian terhadap pengajian tafsir Shofwah At Tafasir Di Majelis Ta’lim Riyadlus Sholihin Kenepan Kudus,Jenis dariGpenelitian ini adalah penelitian lapangan (field research).Subjek penelitian ini adalah KH Abdullah Aniq Ali yang berperan sebagai pimpinan di Majelis Ta’lim Riyadlus Sholihin Kenepan Kudus. Data data tentang Pengajian Tafsir Shofwah At-Tafâsîr di Majelis Ta’lim Riyadlus Sholihin Kenepan Kudus diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sebuah pendekatan pengumpulan data yang berusa mengupas secara mendalam tentang Pengajian Tafsir Shofwah At-Tafâsîr di Majelis Ta’lim Riyadlus Sholihin Kenepan Kudus. Setelah penelitian dilakukan, maka diperolehlah hasil sebagai berikut : (1) Pelaksanaan Pengajian Tafsir Shofwah At-Tafâsîr Di Majelis Ta’lim Riyadlus Sholihin Kenepan Kudus menggunakan metode penjelasan materi pengajian ada dua yaitu: Metode al-Mau`izah al-Hasanah (ceramah/pemberian nasehat) dan Metode al-mujâdalah (tanya jawab ). Adapun metode penafsiran yang digunakan KH Abdullah Aniq dalam menafsirkan kitab Shafwah adalah al-Tafâsîr Metode Tahlîliy (2) Faktor yang mempengaruhi KH Abdullah Aniq Memilih Kitab Tafsir Shofwah At-Tafâsîr Sebagai Bahan Pengajian Tafsir Di Majelis Ta’lim Riyadlus Sholihin Kenepan Kudus yaitu: Pertama, Mudah dipahami karena kitab tafsir Shofwah At-Tafâsîr menggunakan metode tafsir Tahlîliy. Kedua, kitab tafsir Shofwah At-Tafâsîr merupkan ringkasan dari beberapa kitab tafsir terdahulu karena memang kitab ini disusun oleh pengarangnya untuk mengumpulkan intisari kitab tafsir dan memilih penafsiran/pendapat yang paling shahih. Ketiga, kitab tafsir Shofwah At-Tafâsîr mempunyai penjelasan secara detail.(3) Antusiasme jamaah pengajian terhadap pengajian tafsir Shofwah At Tafasir yang dilaksanakan di Majelis Ta’lim Riyadlus Sholihin Kenepan Kudus adalah cukup tinggi, karena dilihat dari segi kehadiran dan keaktifan peserta pengajian cukup besar, yaitu 83,33%. Hal tersebut memberikan gambaran bahwa peserta pengajian memandang pengajian tafsir Jalalain ini sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan ilmu pengetahuan dan kualitas beragama mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengajian,Tafsir Shofwah At-Tafâsîr,Faktor yang mempengaruhi
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Tafsir Al-Qur`an > Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Quran Tafsir
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2022 07:03
Last Modified: 21 Oct 2022 07:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7601

Actions (login required)

View Item View Item