Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik MTs Negeri Se-Kabupaten Jepara Pada Materi Pesawat Sederhana Berdasarkan Instrumen Scientific Literacy Assessment (SLA) Terintegrasi Kearifan Lokal Ukir Jepara

Anam, Muhammad Khoirul (2022) Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik MTs Negeri Se-Kabupaten Jepara Pada Materi Pesawat Sederhana Berdasarkan Instrumen Scientific Literacy Assessment (SLA) Terintegrasi Kearifan Lokal Ukir Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (501kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (711kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (510kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (910kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (266kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB)

Abstract

Di era modern ini kemampuan literasi sains menjadi hal pokok yang harus dimiliki peserta didik. Rendahnya literasi sains di Indonesia perlu di kaji lebih lanjut. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 1 Jepara dan MTs Negeri 2 Jepara. Alasan memilih kedua sekolah ini dikarenakan berdasarkan dari studi pendahuluan didapatkan bahwa di sekolahan tersebut belum pernah diadakan penelitian yang tujuannya untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pesawat sederhana berdasarkan Instrumen Scientific Literacy Assessment (SLA) terintegrasi kearifan lokal ukir Jepara. Untuk itu dikemukakan rumusan masalah yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains peserta didik dan skor rata-rata tiap-tiap komponen yang diperoleh. Jenis penelitian ini deskriptif, metode yang digunakan adalah kuantitatif yang termasuk dalam penelitian survei. Partisipan berjumlah 125 peserta didik dari 4 kelas MTs Negeri di Kabupaten Jepara. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes pilihan ganda dan angket skala likert. Berdasarkan hasil penelitian, komponen literasi sains pada SLA-D yang pertama yaitu peran sains memperoleh nilai 51,04 dengan kategori rendah. Kemudian komponen berpikir dan bekerja secara ilmiah memperoleh nilai 40 dengan kategori sangat rendah. Selanjutnya komponen sains dan masyarakat memperoleh nilai 52 dengan kategori rendah. Komponen lain yaitu literasi media sains memperoleh nilai 50,72 dengan kategori rendah. Komponen terakhir yaitu matematika dalam sains memperoleh nilai 59,68 dengan kategori sedang. Rata-rata capaian literasi sains SLA-D yaitu 50,68 yang tergolong ke dalam kategori rendah. sedangkan komponen literasi sains pada SLA-MB yang pertama yaitu value of science memperoleh nilai 83,01 dengan kategori sangat tinggi. Kemudian komponen self-efficacy for scientific literacy memeroleh nilai 75,74 dengan kategori tinggi. Komponen terakhir yaitu personal epistemology of science memperoleh nilai 78,41 dengan kategori tinggi. Rata-rata capaian literasi sains SLA-MB adalah 79,05 yang termasuk ke dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Literasi Sains, SLA, Kearifan Lokal, dan Pesawat Sederhana
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Nov 2022 01:56
Last Modified: 01 Nov 2022 01:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7627

Actions (login required)

View Item View Item